Virus Corona di Blitar

Blitar Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Kapolres Leonard: Melawan, Ada Sanksi Pidana

Polres Blitar Kota larang kegiatan dengan banyak massa, tindak lanjut penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk cegah Covid-19.

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Polres Blitar Kota melarang semua kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak massa.

Larangan itu merupakan tindak lanjut kebijakan pemerintah soal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sudah ada PP dan Perpres soal itu. Kami menindaklanjuti kebijakan itu di daerah," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, Kamis (2/4/2020).

VIRAL Nenek Jalan Kaki 4,5 Jam Demi Datangi Suami Positif Corona, Kota Dikarantina, Lihat Endingnya

Al Ghazali Bakal Nikah Muda sama Alyssa Daguise, Calon Besan Ahmad Dhani & Maia Ternyata CEO Sukses

Leonard mengatakan ada tiga hal ruang lingkup yang utama dalam penerapan pembatasan sosial berskala besar.

Yaitu, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan sosial yang mengumpulkan banyak massa, dan penerapan physical distancing dengan disiplin.

"Kami sudah melakukan imbauan, menerapkan kawasan physical distancing, dan kemarin mendirikan posko terpadu di terminal dan stasiun untuk memantau penumpang datang," ujarnya.

Satgas TMMD ke 107 Kodim 0817 Gresik Ramai-ramai Berjemur di Siang Hari

Meski Positif Narkotika, Penghadang Mobil Bupati Tulungagung Dipastikan Bebas dari Jerat Hukum

Menurutnya, untuk kegiatan pengumpulan massa seperti hiburan, turnamen, dan resepsi pernikahan sudah tidak ada lagi. Polisi tidak mengeluarkan izin kegiatan yang banyak mengumpulkan massa.

"Resepsi pernikahan memang tidak izin hanya pemberitahuan. Tapi, kami sudah mengimbau agar tidak menggelar resepsi pernikahan untuk sementara waktu, kalau ijab saja tidak apa-apa," katanya.

Leonard secara tegas melarang semua kegiatan yang mengumpulkan banyak massa. Kalau masih ada yang nekat menggelar kegiatan yang melibatkan banyak massa, polisi akan memberikan sanksi pidana.

Fenomena Langit Bulan April di Indonesia, Salah Satunya Hanya Bisa Ditonton 3 Kali di Tahun 2020

"Kalau melawan, ada ketentuan sanksi pidana yang diatur di KUHP. Sejauh ini, di wilayah Polres Blitar Kota sudah mentaati larangan itu. Karena kami jauh-jauh hari sudah memberikan imbauan dan pendekatan ke masyarakat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved