Virus Corona di Pasuruan

Antisipasi COVID-19, PDI Perjuangan Pasuruan Ajak Masyarakat Gunakan Masker

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan, Sugiyanto membagikan ribuan masker di areal Pasar Prigen dan Pasar Indah Prigen, Kabupaten Pasuruan,

(Surya/Galih Lintartika)
Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan bagikan masker ke warga, Sei (6/4/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Pasuruan, Sugiyanto membagikan ribuan masker di areal Pasar Prigen dan Pasar Indah Prigen, Kabupaten Pasuruan, Senin (6/4/2020) pagi.

Sasarannya bukan hanya pedagang buah, sayur, gorengan di pasar, tapi semua yang ada di pasar mulai pembeli, tukang parkir, tukang ojek dan masyarakat yang beraktivitas di areal kedua pasar tersebut.

Tujuannya untuk mulai mengajak masyarakat Pasuruan khususnya Prigen hidup sehat dengan gerakan menggunakan masker.

Sesuai dengan rekomendasi WHO, untuk mencegah dan memutus penyebaran Coronavirus atau COVID-19, semua orang wajib menggunakan masker. Jika dulu, masker hanya digunakan untuk orang yang sakit. Tapi, sekarang masker wajib digunakan juga untuk yang sehat.

Pria yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan Komisi I ini menjelaskan, ini adalah upaya untuk mengajak masyarakat peduli terhadap penyebaran pandemi virus corona ini.

Kecerobohan China Disebut Ilmuwan Penyebab Virus Corona Bisa sampai Merebak ke Seluruh Dunia

Pengedar Sabu-dabu Bersenpi Rakitan Diungkap Polisi, Temukan 1 Kilogram Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi

Sebelum Jadi Penyanyi, Vicky Shu Pernah Kerja Pegawai Bank, Intip Potret Masa Lalunya yang Jerawatan

Salah satu caranya, menggelorakan dan mengajak semua pihak untuk memakai masker saat beraktivitas, salah satunya berbelanja dan berjualan di pasar. Maka dari itu, ia membagikan masker hari ini di pasar.

"Kami ingin meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap pandemi virus ini. Jangan sampai, virus ini menyebar di Pasuruan khususnya Prigen," kata Sugiyanto kepada Tribunjatim.com.

Ia menerangkan, banyak yang belum sadar terhadap gerakan menggunakan masker ini. Maka dari itu, ia bersama fraksi PDI Perjuangan akan terus bergerak untuk menyadarkan mereka bahwa masker itu wajib digunakan.

"Mulai hari ini, memang wajib menggunakan masker bukan hanya yang sakit. Tapi juga yang sehat juga wajib menggunakan masker," tambah Sugiyanto kepada Tribunjatim.com.

Menurut Sugiyanto, pihaknya membagikan 2.500 pcs masker ke masyarakat. Rencananya, ini akan dilakukan secara bertahap. Selain membagikan masker, ia juga memberikan bantuan padasan atau tempat cuci tangan.

Tak hanya itu, pihaknya juga membagikan paket handsanitizer, dan melakukan penyemprotan cairan disenfiktan di tempat fasilitas umum termasuk pasar.

Selain membagikan bantuan, ia juga memberikan edukasi terkait pandemi corona ke para pedagang dan pembeli di pasar ini.

"Tadi kami sampaikan ternyata banyak yang tidak ingin pasar ini ditutup seperti PGS di Surabaya. Alasannya, karena pasar menjadi sumber penghasilan mereka. Jadi, saya ingatkan, kalau pasar ini tidak mau ditutup atuhi aturan dan protokol kesehatan," tambah dia.

Sri, salah satu penjual gerabah di Pasar Indah Prigen mengaku sudah menyiapkan handsanitizer di tokonya. Handsanitizer ini digunakan untuk membersihkan tangannya setelah bertransaksi dengan pembeli.

"Jika pembeli mau membersihkan tangannya ya silahkan. Yang penting, pedagang di sini sudah kompak untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Kami tidak ingin tempat usaha kami tutup," tutupnya. (lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved