Tips Cepat Sembuh Covid-19 dari Plt Kadinkes Kediri: Ikhlas, Pikir Positif & Hindari Berita Corona

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Dr Bambang Triono Putro mengungkapkan tips cepat sembuh dari pasien Covid-19.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Dr Bambang Triono Putro sewaktu menjalani perawatan di Rumah Sakit Simpang Lima Gumul ( SLG) Kabupaten Kediri. 

AcorspsTRIBUNKEDIRI.COM, KEDIRI - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Dr Bambang Triono Putro mengungkapkan tips cepat sembuh dari pasien Covid-19 atau virus Corona.

Dr Bambang sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri selama 12 hari. Sejak diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 27 Maret 2020 serta dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab serta diperbolehkan pulang pada 7 April 2020.

UPDATE CORONA di Kota Kediri Selasa 14 April 2020, Ada Satu Tambahan Kasus Positif Covid-19

Kantor Imigrasi Kediri Bagi-bagi Paket Sembako pada Warga Terdampak Covid-19

Kisah Sedih Pasien Sembuh Covid-19 di Kediri, Alami Sesak Napas Hingga Diisolasi Tanpa Bisa Dijenguk

15 Pria Wanita Nongkrong di Kamar Kos 3x3 Kediri Saat Musim Corona, Bubar Digerebek Satpol PP

Diungkapkan, yang mempercepat proses penyembuhan dari faktor internal dan faktor eksternal.

"Faktor internal dari diri kita sendiri bisa menerima sakit ini dengan ikhlas, tetap semangat, berpikir positif dan patuh anjuran dokter," jelas dr Bambang, Selasa (14/4/2020).

Sementara faktor eksternal, pelayanan rumah sakit, baik oleh dokter maupun perawat dan dukungan serta doa dari keluarga dan teman-teman. "Jangan lupa berdoa," tambahnya.

Selama menjalani perawatan juga melakukan diet yang didapat dari rumah sakit ditambah sendiri buah dan memperbanyak minum air putih.

"Sementara waktu kami menghindari berita tentang covid-19 dan membaca berita lainnya," ungkapnya.

Sedangkan obat-obatan yang diberikan seperti obat antivirus dan vitamin serta obat untuk mengurangi keluhan yang muncul seperti panas dan mual.

Saat awal mulai terpapar, dr Bambang mengaku tidak mengalami gejala yang menonjol. Gejala yang dirasakan tidak seperti orang pada umumnya demam, batuk, nyeri telan bahkan sesak.

"Saya hanya merasakan demam meski tidak sampai panas tinggi, batuk hanya kadang-kadang," jelasnya.

Dr Bambang bersyukur masyarakat di Perumahan Permata Jingga, Kota Kediri tempat tinggalnya sangat mensupport dirinya dan keluarga. "Termasuk sewaktu masih dalam perawatan dan sepulangnya semua warga juga tetap bisa menerima kami untuk jadi bagian dari warga perumahan," ungkapnya.

Malahan kebijakan isolasi lingkungan yang diterapkan oleh Pemkot Kediri justru semakin menguatkan kerukunan diantara warga.

Mengingat semakin merebaknya pandemi virus Corona, dr Bambang menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah melalui gugus tugas, melakukan social distancing dan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan.

"Hindari kontak fisik serta gunakan masker bila keluar rumah," tambahnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved