Virus Corona di Jember

Minimnya Akses Internet, Tidak Semua Pelajar di Kabupaten Jember Jatim Bisa Ikut KBM Daring

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur telah tiga kali memperpanjang masa belajar di rumah di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

istimewa
Pelajar MI Miftahul Ulum Desa Mulyorejo, Silo ketika datang ke lapangan sekolah untuk mengumpulkan tugas pada 6 April 2020 lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur telah tiga kali memperpanjang masa belajar di rumah di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Pembelajaran di rumah memakai sejumlah metode, tergantung kesepakatan guru dan murid. Paling umum di dengar adalah pembelajaran memakai sistem daring, memanfaatkan teknologi informasi.

Teknologi informasi di pembelajaran secara daring itu, salah satunya mengandalkan jaringan internet. Lalu bagaimana dengan pembelajaran daring di sejumlah pelosok pedesaan di Kabupaten Jember?

Tidak efektif, dan tidak terlaksana, demikian hasil dari pantauan Surya di sejumlah pedesaan di Kabupaten Jember.

Sebab tidak semua pedesaan di Kabupaten Jember terakses pada kelancaran jaringan internet.

"Mungkin jaringan telepon bisa, WA (WhatsApp) masih bisa. Tapi kalau untuk belajar online, membuka situs pembelajaran, ya tidak bisa. Ditambah lagi, SDM (sumber daya manusia) orang tua, yang tidak paham teknologi itu," ujar Nurul Anwar, Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum yang berada di Dusun Baban Barat, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, kabupaten jember kepada Surya, Senin (20/4/2020).

Secara khusus melalui jaringan telepon, Surya berbincang dengan sejumlah pengelola sekolah di kawasan pedesaan di Jember. Surya menghubungi Nurul Anwar yang berada di Desa Mulyorejo, dan satu lagi, Kepala SDN Curahtakir 3 Kecamatan Tempurejo Suryanto.

Wanita Penemu Virus Corona Ternyata Putri Sopir Bus yang Putus Sekolah, Jasanya Besar dalam Virologi

Tanggapan Psikolog Soal Ramadan di Tengah Wabah Covid-19, Tantangan Baru: Kita Ambil Sisi Positifnya

Gaya Sederhana Lesty Kejora Meski Honor Ratusan Juta: Bersyukur, Gerobak Mi Ayam di Rumah Jadi Bukti

Kedua desa ini termasuk pedesaan yang memiliki topografis berbukit, dan berdekatan dengan kawasan hutan serta perkebunan.

Desa Mulyorejo berbatasan langsung dengan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Desa ini berada di perbukitan, berbatasan dengan wilayah hutan Perhutani.

Kepada Surya, Nurul mengakui untuk sambungan telepon dan berbincang lewat aplikasi percakapan WA, tidak ada masalah di sejumlah tempat di Mulyorejo.

Halaman
1234
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved