Virus Corona di Magetan

Ratusan Santri Temboro asal Malaysia Dipulangkan Lewat Bandara Juanda: 29 Santri Positif Diisolasi

Sebanyak 124 santri Ponpes Alfatah Temboro Magetan asal Malaysia dipulangkan ke negaranya dengan menumpang 10 bus sampai ke Bandara Juanda, Sidoarjo.

TRiBUNJATIM.COM/DONI PRASETYO
10 Bus khusus dengan awak bus seluruhnya menggunakan pakaian APD hazmat, di carter Pondok Pesantren Al Fatah di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan siap mengantar 124 santri asal Malaysia ke bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (27/4). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sebanyak 124 santri Ponpes Alfatah Temboro Magetan asal Malaysia dipulangkan ke negaranya dengan menumpang 10 bus sampai ke Bandara Juanda, Sidoarjo, Senin (27/4) sekitar pukul 15.00.

Dari 10 bus itu, satu bus untuk angkutan barang, satu bus untuk dinaiki pendamping. Dalam perjalanan dari Temboro sampai bandara ke 10 bus itu dikawal Polisi Patwal dari Polda Jawa Timur.

Pemulangan santri Temboro asal Malaysia itu sesuai standar kesehatan, setiap bus yang berkapasitas 50 penumpang hanya diisi 15 santri. Ini dilakukan agar ada jarak aman sesuai SOP kesehatan.

Cegah Covid-19, Dinsos Percepat Kepulangan 700 Klien Binaan di UPT Rehabilitasi Sosial Pemprov Jatim

Pangdam V Brawijaya Harap Tidak Ada Kekerasan Selama Menjalani PSBB Surabaya, Sidoarjo dan Gresik

Untuk sopir dan kru bus, selain menggunakan masker dan kacamata, semua wajib menakai baju hazmat Alat Pelindung Diri (APD) corona virus disease 2019 ( Covid-19 ).

Bupati Magetan Suprawoto, Dandim 0804 Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, selain para ulama, pengasuh Ponpes Al Fatah, Temboro menyaksikan keberangkatan bus yang mengangkut santri itu pulang ke negaranya.

Mesti, santri Al Fatah, Temboro yang pulang ke Malaysia sebanyak 155 santri. Namun setelah dilakukan rapid test (tes cepat), 29 santri hasilnya reaktif. Ke 29 ini akhirnya belum diizinkan pulang ke Malaysia, karena masih harus tes lanjut.

Sesuai keterangan Humas dan Protokol Pemkab Magetan, ke 124 santri Ponpes Al Fatah Temboro yang diizinkan.pulang ke Malaysia itu dijamin kesehatannya sesuai hasil test tim kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

Sementara santri yang terkonfirmaai positif terinfeksi Covid 19, masih diisolasi dengan ketat di gedung khusus yang disediakan Ponpes Al Fatah dengan diawasi petugas keamanan pondok dan petugas kesehatan Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Magetan

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved