Piala Thomas dan Uber 2020

Sempat Tertunda 2 Kali, Piala Thomas dan Uber Resmi Digelar pada Oktober 2020 di Denmark

Federasi bulutangkis dunia BWF secara resmi mengumumkan jadwal penyelenggaraan Piala Thomas dan Uber 2020

BADMINTON INDONESIA
Tim putra Indonesia berpose di atas podium kampiun dengan gesture tangan yang menunjukkan angka 3 untuk hat-trick gelar juara setelah memenangi laga final atas Malaysia pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). 

TRIBUNJATIM.COM - Federasi bulutangkis dunia BWF secara resmi mengumumkan jadwal penyelenggaraan Piala Thomas dan Uber 2020.

Turnamen bulutangkis beregu itu akan digelar pada 3-11 Oktober 2020 di Aarhus, Denmark.

Meski sempat mengalami dua kali penundaan, semula akan dilangsungkan pada 16-24 Mei 2020, kemudian diundur kembali menjadi 15-23 Agustus 2020 akibat pandemi Covid-19 yang menghantam Denmark.

Indonesia Dukung Keputusan Penundaan Piala Thomas dan Uber 2020 Akibat Virus Corona

Akibat Pandemi Virus Corona, Undian Putaran Final Piala Thomas dan Uber 2020 di Denmark Ditunda

Pada akhirnya perhelatan bergengsi dua tahunan ini bakal diselenggarakan pada awal Oktober nanti.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan PP PBSI masih menunggu informasi jadwal turnamen sebelum perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020.

Hal itu penting, guna menentukan langkah-langkah dan strategi kedepan untuk tim Indonesia 

"Persiapan ke Piala Thomas dan Uber masih belum bisa ditentukan karena penyusunan strateginya tergantung jadwal turnamen-turnamen sebelumnya. Kalau dilangsungkan Oktober, berarti kita punya waktu lima bulan lagi," kata Budiharto, seperti dilansir Tribunjatim.com dari laman PBSI, Rabu (29/4/2020).

"Kepastian tanggal ini akan menguntungkan untuk tuan rumah karena mereka sudah bisa menentukan langkah-langkah persiapan menuju kejuaraan tersebut. Tapi untuk para peserta, harus dilihat dulu turnamen apa yang dilangsungkan sebelumnya," lanjutnya.

Jalani Karantina Tertutup, Pebulu Tangkis Tunggal Putra Shesar Hiren Kangen Puasa Ramadhan di Rumah

Di samping itu, Budiharto menambahkan, Idealnya, sebelum turnamen sebesar Piala Thomas dan Uber dilangsungkan, seyogyanya BWF menggelar turnamen-turnamen lainnya, sehingga atlet dapat kembali ke atmosfer pertandingan setelah absen bertanding cukup lama.

"Memang akan lebih baik ada turnamen dulu sebagai pemanasan, pemain juga perlu berada di situasi kompetisi untuk membuat mereka lebih siap, lebih terbiasa dan lebih terkondisi. Karena latihan tanpa kompetisi itu feel-nya beda," imbuh Budiharto.

Libur Kompetisi, Pebulu Tangkis Greysia Polii Pilih Tenangkan Diri

Pada edisi terakhir Piala Thomas dan Uber di Bangkok Thailand, dua tahun kemarin, tim Tiongkok sukses merajai Piala Thomas setelah mengalahkan Jepang dengan skor 3-1, sedangkan tim Indonesia hanya finis di semifinal.

Sementara pada Piala Uber kala itu, tim Jepang meraih titel juara dengan kemenangan telak 3-0 atas tuan rumah Thailand, dan Indonesia harus rela terhenti di babak perempat final.

Penulis: Taufiqur Rohman
Editor: Sudarma Adi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved