Breaking News:

REAKSI Risma saat Tahu Ada Pipa PDAM Bocor di Gununganyar, Lakukan Perbaikan & Siapkan Truk Air

Bocornya pipa utama PDAM di kawasan Gununganyar lantaran terkena tiang pancang telah sampai kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu (17/5/

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Sudarma Adi
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Lokasi bocornya pipa PDAM di Gununganyar Surabaya, Minggu (17/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bocornya pipa utama PDAM di kawasan Gununganyar lantaran terkena tiang pancang telah sampai kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Minggu (17/5/2020).

Risma bahkan langsung mengerahkan jajarannya untuk melakukan berbagai upaya perbaikan. Padahal, dirinya tengah berada di Balai Kota Surabaya dalam salah satu agendanya. 

Melalui handy talkie (HT), Risma memerintahkan Kepala BPB Linmas Surabaya Eddy Christijanto untuk menyiapkan langkah antisipasi bila terdapat warga terdampak kesulitan air.

KRONOLOGI Bocornya Pipa PDAM di Surabaya, Pelaksana Proyek Langgar Rambu & 30 Ribu Orang Terdampak

Pipa PDAM di Gunung Anyar Surabaya Bocor Gegara Tiang Pancang Proyek, 2 Kawasan Ini Kena Dampaknya

Pasca Pengerjaan Pipa Bocor di Gunung Anyar, Warga Diminta Lapor PDAM Jika Belum Mendapat Aliran Air

“Pak Eddy segera siapkan truk untuk mensuplai air bersih kepada warga terdampak,” kata Risma di Balai Kota Surabaya.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, saat ini PDAM sedang melakukan proses penggalian untuk mencari  titik lokasi kebocoran. Namun, selama proses penggalian ini diprediksi tidak sampai ada penyetopan air dari PDAM.

“Air itu tetap mengalir ke jaringan-jaringan permukiman warga. Insyaallah aliran air tidak terganggu dengan suplai 1000 milimeter per detik,” kata Eddy.

Meski demikian, Eddy tak menampik lantaran kebocoran pipa itu, eskalasi air juga bakal mengalami penurunan dan terbuang sekitar 30 persen. Sisanya yang bakal mengalir ke rumah warga.

Eddy menyebut pihaknya tetap menyiapkan antisipasi bila hal buruk terjadi, misal tak ada aliran air ke warga saat proses perbaikan. Sehingga, pihaknya menyiapkan truk-truk yang dilengkapi profil tank untuk mendistribusikan air bersih langsung ke rumah warga.

“Nanti akan kita suplai langsung ke rumah warga ketika pasokan airnya terhenti. Kita sesuaikan dengan kebutuhan warga, kita harapkan dengan air tetap mengalir saat ini, dampaknya tidak terlalu besar,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pipa utama PDAM di kawasan Gununganyar lantaran terkena tiang pancang proyek pembangunan salah satu kampus masyhur di Surabaya. Pipa yang bocor terkena tiang pancang itu merupakan pipa berdiameter 1000 milimeter yang mampu mengalirkan 1 liter air per detik kepada 80 pelanggan.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved