Setelah Proses Panjang Akhirnya Santoso Dilantik Jadi Wali Kota Blitar Definitif Gantikan Samanhudi

Plt Wali Kota Blitar, Santoso akan dilantik menjadi Wali Kota Blitar definitif menggantikan M Samanhudi Anwar,diberhentikan sebagai Wali Kota Blitar

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Plt Wali Kota Blitar, Santoso, 2020. 

 TRIBUNJATIM.COM,BLITAR - Plt Wali Kota Blitar, Santoso akan dilantik menjadi Wali Kota Blitar definitif menggantikan M Samanhudi Anwar, yang diberhentikan sebagai Wali Kota Blitar karena tersandung kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sesuai jadwal, Santoso akan dilantik menjadi Wali Kota Blitar definitif sisa masa jabatan periode 2016-2021 oleh Gubernur Jatim di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (19/5/2020).

"Ini penantian panjang yang sudah diharapkan. Insyaallah, nanti sore gladi bersih, besok pelantikannya," kata Santoso, Senin (18/5/2020).

Santoso mengatakan, karena dalam kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19, proses pelantikan tetap sesuai protokol kesehatan. Tamu yang datang di acara pelantikan juga dibatasi.

"Dan tetap menerapkan physical distancing," ujar Santoso kepada TribunJatim.com.

Setelah dilantik, Santoso resmi menjadi Wali Kota Blitar sisa masa jabatan periode 2016-2021. Santoso masih memiliki waktu sekitar 10 bulan untuk memimpin Kota Blitar.

Sudah Banting Stir Jualan Kopi karena Corona, Ivan Gunawan Singgung Ruben Onsu: Nggak Pesan Banyak

Pandemi Tak Kunjung Selesai, Seniman Sampaikan Pesan Lewat Gambar Mural

Viral Bocah Penjual Gorengan Dibully Disorot Sespri Prabowo, Gercep Bertindak, Bantuannya Fantastis

Santoso tidak menargetkan program yang muluk-muluk di sisa masa jabatan sebagai Wali Kota Blitar. Dia tetap memprioritaskan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, tugas kepala daerah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Apa yang sudah dijalankan akan kami tingkatkan lagi. Kami memaksimalkan program yang sudah ada. Mudah-mudahan amanah ini menambah semangat kami untuk mengabdi kepada masyarakat Kota Blitar," katanya.

Sekadar diketahui, Santoso sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Blitar periode 2016-2021 mendampingi Samanhudi Anwar. Tetapi, Samanhudi tersangkut kasus suap KPK pada Juni 2018.

Hakim Pengadilan Tipikor menyatakan Samanhudi bersalah dan divonis hukuman penjara 5 tahun. Vonis hakim itu sudah berkekuatan hukum tetap setelah melalui proses kasasi di tingkat Mahkamah Agung. Selama proses persidang, status Samanhudi dinonaktifkan dari jabatan Wali Kota Blitar.

Berdasarkan putusan hakim di tingkat kasasi itu, Mendagri mengeluarkan surat pemberhentian tetap Samanhudi sebagai Wali Kota Blitar pada 20 Januari 2020. Selanjutnya, Pemkot Blitar mengusulkan Santoso yang sebelumnya menjabat Plt Wali Kota untuk dilantik menjadi Wali Kota definitif sisa masa jabatan ke Mendagri.

Setelah melalui proses panjang dan penantian lama, akhirnya Santoso dilantik menjadi Wali Kota Blitar definitif sisa masa jabatan periode 2016-2021 menggantikan posisi M Samanhudi Anwar. (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved