Semarak Ramadan 2020

Cara Menjaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa ala Urban Athletes Surabaya, Jogging Rutin 5-10 Menit

Cra mempertahankan imunitas tubuh meski sedang berpuasa. Simak tips Urban Athletes Surabaya

New York Times
Ilustrasi jogging. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berpuasa bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan, apalagi di tengah pandemi Corona atau Covid-19 seperti ini.

Mempertahankan imunitas tubuh penting untuk dilakukan. Selain mengonsumsi nutrisi yang bagus dan seimbang saat sahur dan berbuka, olahraga tak boleh ditinggalkan.

Namun, latihan yang dilakukan tidak boleh yang berat. Pilih yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Salah satu olahraga yang cocok yakni jogging.

Tips Mengelola Emosi Saat Berpuasa di Tengah Pandemi Corona Menurut Psikolog Unair, Coba 3 Hal Ini

Achmad Syamsul Farih, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya merekomendasikan olahraga ini untuk dilakukan saat berpuasa.

"Meskipun puasa, tubuh harus fit untuk melawan virus. Olahraga harus tetap dilakukan, salah satunya jogging. Tidak harus di luar, lakukan saja di dalam rumah," ungkapnya kepada TribunJatim.com, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, jogging dapat mempertahankan metabolisme tubuh. Dengan demikian, vitalitas tubuh pun akan tetap terjaga meskipun tengah berpuasa.

Terungkap Perawat Ari Tiba di RS dalam Kondisi Kritis, Hasil Swab Positif Covid-19, Pakai Inkubasi

Postingan Terakhir Ari, Perawat Surabaya PDP yang Meninggal Banjir Ucapan Duka, Potretnya Tersenyum

"Kalau diam terus, tidak banyak gerak, vitalitas tubuh akan menurun, imunitas kan juga bisa turun, virus mudah masuk. Selain itu kalori juga harus tetap dibakar untuk menjaga keseimbangan antara energi yang masuk berupa makanan dan energi yang keluar berupa aktivitas harian. Nah jogging ini juga bisa digunakan sebagai pemanasan tubuh sebelum melakukan aktivitas berat," kata Achmad.

Menurutnya, jogging bisa dilakukan kapan saja, siang hari pun bisa. Malah menurut Achmad, melakukannya di siang hari direkomendasikan untuk membongkar cadangan energi berupa lemak dalam tubuh.

"Melakukannya tidak perlu lama-lama, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Bisa lima sampai 10 menit. Yang penting tubuh tetap bergerak. Jadi, sebaiknya dilakukan secara rutin," katanya.

Kenali 5 Manfaat Olahraga Pilates Selain Bikin Badan Tetap Bugar, Lemak Luntur, Tubuh Jadi Lentur

Bisa juga, lanjutnya, olahraga naik turun tangga di rumah. Kalau tidak kuat jogging, jalan cepat juga boleh, atau lakukan yoga.

Asalkan jangan yang terlalu berat. Kalau pun olahraga di gym, pilih intensitas yang ringan. 

"Setelah olahraga, jangan langsung berbuka dengan es teh atau sirup. Lebih baik makan buah terlebih dahulu yang mengandung gula alami untuk menggantikan karbohidrat yang hilang. Setelah itu baru makan berat," tandasnya.

Penulis: Christine Ayu

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved