Virus Corona di Surabaya

Risma Dapat Bantuan 30 Unit Ventilator Untuk Penanganan Pasien Covid-19 di Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalurkan bantuan ventilator yang diterima oleh Pemkot kepada beberapa rumah sakit.

Yusron nauval/tribunjatim.com
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menerima bantuan ventilator, Rabu (20/5/2020) kemarin. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalurkan bantuan ventilator yang diterima oleh Pemkot kepada beberapa rumah sakit.

Ventilator itu merupakan sumbangan dari Gesit Foundation yang dipimpin oleh Jacob Soetoyo.

Jacob Soetoyo sendiri diketahui merupakan sahabat dari Megawati Soekarnoputri. Bantuan yang berjumlah 30 unit itu secara simbolis diserahterimakan, Rabu (20/5/2020).

"Bantuan dari sahabatnya Bu Mega," kata Tri Rismaharini kepada TribunJatim.com.

Risma mengatakan dirinya, ia  mengenal sahabatnya itu  dari Ketua Umum PDIP itu lantaran dulu sering ketemu di Yayasan Kebun Raya Indonesia.

"Saat itu tengah persiapan untuk Kebun Raya Mangrove," jelas Tri Rismaharini kepada TribunJatim.com.

Ketua DPD RI La Nyalla Ingin Lumbung Pangan Jatim Digelar Sepanjang Tahun di Setiap Daerah

Gejala Baru Corona Bikin Dokter Kewalahan, Kondisi Pasien ini Langka: Cepat Membaik & Memburuk

Profil-Biodata Sarah Keihl atau Sarah Salsabila, Selebgram Asal Jember yang Lelang Keperawanan Rp2 M

Risma mengaku kaget saat dirinya diberitahu bakal diberikan bantuan ventilator beberapa waktu lalu. Jumlahnya pun tak disangka Risma, yakni mencapai 30 unit. Apalagi, Jacob Soetoyo sendiri yang tiba-tiba menawarkan bantuan ventilator itu.

"Beliaunya menawarkan, Bu saya punya ventilator, nanti Bu Risma saya bantu 30 unit, ya kaget aku, padahal dua aja sudah senang, ini sampai 30," papar Risma.

Bantuan itu bakal sangat membantu lantaran beberapa kasus yang terjadi, dilaporkan kekurangan ventilator. Risma mengaku, akan melihat rumah sakit mana saja yang kekurangan ventilator ini, sehingga nantinya yang kekurangan akan dibantu.

Sejauh ini, dikabarkan sudah ada Rumah Sakit Husada Utama karena memang banyak merawat warga Kota Surabaya. Selain itu, sebagian di BDH dan RSUD dr Soewandhie, termasuk pula nanti di Asrama Haji Surabaya.

Ventilator ini diketahui, untuk pasien Covid-19 yang terbilang ringan atau pada tahap awal. Ventilator serupa ternyata 60 persen juga dipakai di Wuhan saat masa pandemi.

Stefanini, salah satu staf Gesit Foundation saat mengantarkan bantuan itu mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan bentuk peduli kemanusiaan di masa pandemi ini. Selain 30 unit ventilator, pihaknya juga menyumbangkan 10 ton beras ke Pemkot Surabaya.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved