Virus Corona di Gresik

Wisata di Gresik Utara Menjadi Destinasi Wisata New Normal

Wisata bekas tambang dan pembuangan sampah ditunjuk Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menjadi destinasi wisata untuk mengikuti lomba inovasi daer

istimewa
Destinasi wisata setigi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah. 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Wisata bekas tambang dan pembuangan sampah ditunjuk Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menjadi destinasi wisata untuk mengikuti lomba inovasi daerah new normal life oleh pemerintah pusat. Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim akan menyiapkan segala protokol kesehatan di ikon wisata desanya ini.

"Wisata Tangguh, Sekapuk pasti bisa. Terima kasih Bupati Gresik, matur nuwun Pemkab Gresik dan jajarannya yang memberikan kepercayaan kepada wisata desa kami. Semoga sesuai harapan masyarakat Gresik pada umumnya. Mohon doa dan dukungan semuanya," kata Halim, Senin (1/6/2020).

Wisata Setigi akan kembali dibuka pada Sabtu, tanggal 6 Juni 2020. Tanggal ini dipilih karena memiliki angka kembar.

"Setigi akan dibuka lagi pada tanggal bulan kembar di tahun yang kembar, tepat hari Sabtu Pon, 06-06-2020," terangnya kepada TribunJatim.com.

Di era New Normal ini, Setigi akan menerapkan protokol kesehatan untuk standar yang diberlakukan. Mulai dari alat pen

Jenguk Saipul Jamil di Penjara, Irma Lihat Eks Suami Dewi Perssik Murung & Tatapan Kosong, Ada Apa?

 

gukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan akan disebar di spot wisat.

"Paling penting menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan jangan panik," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

Kemarin, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto tidak hanya mengizinkan wisata bekas tambang ini buka lagi tapi juga mewakili Kabupaten Gresik dalam lomba tingkat Nasional di sektor wisata. Ada tujuh sektor yang disiapkan Pemkab Gresik untuk mengikuti lomba inovasi tersebut.

Begini Penjelasan WHO Soal Lampu Ultraviolet Bisa Bunuh Virus Flu, Bisa Untuk Covid-19?

Rapid Test Massal Covid-19 Digelar di Tambaksari Surabaya, 500 Warga Ditargetkan Ikuti Tes

"Penerapan protokol kesehatan di sektor-sektor tersebut nantinya dijadikan sebagai percontohan sector lainnya sebagai upaya dalam penegakan protocol kesehatan (PPK),” ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Minggu (31/5/2020).

Untuk diketahui, destinasi wisata alam yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, ini menawarkan Selo (bebatuan), Tirto (Air) dan Giri (gunung).

Wisata yang awalnya bekas tambang dan tempat pembuangan sampah ini memiliki 15 wahana wisata dengan spotfoto. Dengan biaya masuk hanya Rp 15 ribu untuk seluruh wahana wisata seluas 5 hektar itu.

Diantaranya Pahatan Gerbang Ghoib, Patung Semar, Jembatan Peradaban, Candi Topeng Nusantara, Miniatur Masjid Persia, Air Terjun, Telaga Warna, Nogo Giri Pancoran, Tangga Derajat, Kolam Banyu Gentong, Pemandian Hijabers, dan masih banyak wahana wisata lainnya.

Sebelum pandemi covid-19 wisata yang baru dibuka tahun ini menjadi lokasi syuting sinetron. Wisatawan tidak hanya berasal dari Gresik dan luar Gresik saja. Bahkan dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Canada, Perancis, Australia, Belanda, Thailand, dan Malaysia. (wil/Tribunjatim.com)

Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved