Virus Corona di Jawa Timur

Banyak Beri Bantuan, Menkes Berharap Angka Kematian Kasus Covid-19 di Jawa Timur segera Turun

Menteri Kesehatan berharap, dengan banyaknya bantuan yang diberikan pada Jawa Timur, bisa signifikan menurunkan angka kematian kasus virus Corona.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Menkes Terawan Agus Putranto menyerahkan secara simbolis bantuan alat pelindung diri (APD) pada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM - Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, berharap, dengan banyaknya bantuan yang telah diberikan pada Provinsi Jawa Timur untuk penanganan Covid-19, bisa signifikan menurunkan angka kematian kasus virus Corona ( Covid-19 ) di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Terawan Agus Putranto saat menyerahkan bantuan berupa 10 ribu alat pelindung diri (APD) jenis cover all untuk menunjang kegiatan petugas kesehatan saat menangani pasien Covid-19 di Jawa Timur, serta sebanyak 10 unit alat ventilator untuk menunjang penanganan pasien Covid-19 dengan gejala berat hingga sangat berat.

“Kedatangan saya bersama ketua Gugus Tugas Nasional ke Jatim adalah untuk bersilaturahmi sekaligus untuk menjalankan perintah bapak presiden untuk membantu penanganan Covid-19 di Jawa Timur,” kata Terawan Agus Putranto, saat menyerahkan secara simbolis sejumlah alat kesehatan pada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/6/2020).

“Kami harap alkes yang kami serahkan hari ini bisa segera mengatasi permasalahan pandemi Covid-19 di Jatim dan terkhusus agar angka kematian kasus Covid-19 di Jatim bisa segera turun,” kata Terawan Agus Putranto.

Selain menyumbangkan APD dan juga ventilator, Terawan Agus Putranto juga menyerahkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) Kit yaitu Novel Coronavirus (2019-Covid) Real Time Multiplex RT-PCR merek Liferiver sebanyak 30 ribu unit.

UPDATE CORONA di Jawa Timur Selasa 2 Juni, Capaian Tertinggi, Sehari Ada 100 Pasien Covid-19 Sembuh

RSJ Menur Surabaya Rawat 7 Pasien ODGJ yang Positif Covid-19, Awalnya Ada 12 Pasien

Kemudian juga RNA Kit yaitu Viral RNA Isolation Kit (Centrifuge Coloumn) merk Liferiver sebanyak 31 ribu unit. Selanjutnya VTM Kit Viral Transpor Medium 3 ml vial with a regular flocked swab merek genesis sebanyak 50 ribu unit.

“Alat untuk pengecekan PCR juga kita datangkan sehingga kami harapkan Jatim bisa semakin aktif dalam mengontrol dan menemukan kasus Covid-19 sedini mungkin, sehingga penyebaran kasus bisa dilokalisir,” kata Terawan Agus Putranto.

Uji Klinis Terapi Plasma Convalescent, Gugus Tugas Covid-19 Jatim Ajak Pasien Sembuh Donorkan Darah

Mengintip Bilik Tombo Kangen Rusunawa IAIN Tulungagung, Pasien Corona Bisa Ketemu Keluarga Langsung

Dikatakannya, kunjungan ke Jawa Timur ini akan berlanjut dalam beberapa waktu ke depan. Karena pemerintah pusat akan hadir di tengah-tengah masyarakat Jawa Timur untuk melakukan penanganan bersama agar pandemi Covid-19 di Jawa Timur bisa segera tertanggulangi.

Sebagaimana diketahui, per Selasa (2/6/2020), angka kematian kasus Covid-19 di Jawa Timur mencapai 429 orang atau secara persentase mencapai 8,36 persen.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved