Virus Corona di Blitar

WFH Berakhir, ASN Kota Blitar Masuk Normal di Kantor Mulai Besok

Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Blitar mulai masuk kantor secara normal mulai, Jumat (5/6/2020).

Surya/samsul hadi
Wali Kota Blitar, Santoso memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Istana Gebang, Senin (1/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Blitar mulai masuk kantor secara normal mulai, Jumat (5/6/2020).

Para aparatur sipil negara (ASN) akan kembali bekerja di kantor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto mengatakan masa work from home (WFH) atau bekerja dari rumah untuk para ASN di lingkungan Pemkot Blitar saat pandemi Covid-19 sudah selesai per Kamis (4/6/2020).

Para ASN mulai masuk kerja secara normal di kantor pada Jumat (5/6/2020). BKD sudah menyiapkan SOP tentang pengelolaan ASN dalam melaksanakan tugas di kantor di masa new normal atau normal baru di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"SOP pengelolaan ASN dalam melaksanakan tugas di kantor sudah kami edarkan ke masing-masing OPD. Secara resmi, para ASN sudah masuk normal mulai besok, karena masa WFH sudah berakhir hari ini," kata Sutoyo.

2 PDP di Situbondo Jatim Meninggal Dunia

Kepala Divisi Imigrasi Jatim Masih Layani Paspor Haji Tahun Depan Bila Ada Penambahan

Selama Pandemi Covid-19, Jumlah Kunjungan WNA ke Jatim Nihil, Kemenkumham: Awasi Ketat WNA di Jatim

Dikatakannya, SOP pengelolaan ASN dalam melaksanakan tugas di kantor selama pandemi virus Corona atau Covid-19 tetap mengacu Permenpan No 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja ASN dalam Tatanan Baru.

Para ASN bekerja di kantor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona atau Covid-19. Misalnya, untuk tempat duduk diatur minimal jarak 1 meter, pakai masker, dan menyiapkan hand sanitizer di masing-masing OPD.

"Untuk menjaga imun, tiap OPD bisa berjemur atau jalan-jalan di lingkungan kantor. Kalau biasanya dengan cara senam, tapi sekarang tidak harus senam," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Untuk presensi, kata Suyoto, para ASN kembali menggunakan finger print. BKD juga menyiapkan alternatif presensi dengan scanning wajah untuk mengurangi sentuhan pada alat finger print.

"Kami juga akan mengembangkan presensi online pakai ponsel. Tapi, jarak antara aplikasi dan ponsel kami buat antara 1 meter sampai 2 meter untuk mengantisipasi kecurangan para ASN," katanya kepada TribunJatim.com.

Sedang untuk perjalanan dinas luar kota, menurut Suyoto tetap masih ada pembatasan selama masa pandemi Covid-19.

"Kalau untuk ASN di Pemkot Blitar yang tinggal di luar kota, mereka tetap masuk normal sesuai kewajibannya di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved