Virus Corona di Indonesia

KA Jarak Jauh/Menengah Kembali Beroperasi, Penumpang Kereta Api Usia di Atas 50 Tahun Duduk Sendiri

PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan kereta api jarak jauh/menengah setelah sempat berhenti.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Penumpang KA Sri Tanjung di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (12/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan kereta api jarak jauh/menengah setelah sempat berhenti sementara, Jumat (12/6/2020).

Dalam mengoperasikan kembali KA jarak jauh/menengah, PT KAI Daop 8 Surabaya hanya menjalankan 8 kereta api, atau termasuk ke tahap pertama dalam kebijakan "Kembalinya pengoperasian KA Regular Jarak Menengah/Jauh di wilayah Daop 8".

Pada kebijakan itu pula, PT KAI Daop 8 Surabaya menerapkan berbagai aturan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan KAI.

Satu di antara aturan yang diterapakan, misalnya terkait penumpang KA jarak jauh/menengah yang berusia di atas 50 tahun dikondisikan untuk duduk sendiri.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

5 Syarat Naik Kereta Api di Jember dan Banyuwangi, PT KAI: Yang Melanggar Pasti Ditolak Naik Kereta

"Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan, sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain," kata Suprapto kepada TribunJatim.com, di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (12/6/2020).

Kebijakan aturan tempat duduk itu, dikatakan Suprapto, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Melihat kesehatan penumpang yang berusia di atas 50 tahun kondisi imunnya tidak sebaik yang berusia muda, maka meski telah dibuktikan negatif virus Corona, tetap kita atur tempat duduknya untuk tidak besebelahan dengan penumpang lain," imbuhnya.

KA Jarak Jauh & Lokal di Stasiun Madiun Beroperasi Lagi, 17 Penumpang Kereta Berangkat Hari ini

Tak hanya itu, lebih lanjut Suprapto menerangkan, seluruh penumpang KA jarak menengah/jauh juga wajib menggunakan face shield yang telah disediakan.

"Khusus untuk perjalanan KA jarak menengah/jauh penumpangnya juga diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan," tambahnya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved