Breaking News:

Virus Corona di Jember

Tempat Wisata di Jember Harus Lolos Sertifikasi Kelayakan Berkegiatan di Masa New Normal untuk Buka

Bupati Jember, Faida, mengatakan, saat ini Pemkab Jember sedang menyiapkan beberapa aturan terkait dibolehkannya tempat wisata dibuka kembali.

sri wahyunik/surya
Bupati Jember Faida 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Jember bakal mengeluarkan sertifikat kelayakan tempat wisata beroperasi dan berkegiatan di masa new normal.

Kelayakan bagi tempat wisata bisa berkegiatan antara lain menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Bupati Jember, Faida, mengatakan, saat ini Pemkab Jember sedang menyiapkan beberapa aturan terkait dibolehkannya tempat wisata berkegiatan, atau dibuka kembali.

"Sejak beberapa hari lalu, kami menyiapkan sektor pariwisata ini menjadi wisata di masa new normal, termasuk juga bagaimana berkegiatan di tempat umum seperti restoran. Pada saatnya kami akan mengeluarkan sertifikasi kelayakan, apakah mereka layak berkegiatan di masa menuju new normal ini, seperti mematuhi protokol kesehatan," ujar Faida seusai mengikut pertemuan jarak jauh melalui video dengan panglima TNI, kapolri, dan gubernur Jawa Timur, Jumat (19/6/2020) sore.

Bagi tempat wisata yang tidak bisa memenuhi syarat, atau aturan berkegiatan di masa new normal, lanjut Faida, tidak menutup kemungkinan izin usaha mereka akan dicabut.

"Kita lihat perkembangan beberapa hari ke depan. Kami harapkan persiapan ini matang, dan nanti ketika sudah diizinkan (buka kembali), kita bergerak bersama," tegas Faida.

Pemkab Jember Fasilitasi Pemulangan 331 Napi Asimilasi, Berikan Sembako hingga Uang Saku

Sektor pariwisata di Jember, termasuk satu sektor yang paling parah terdampak pandemi Covid-19.

Ini terlihat dari tenaga kerja di sektor tersebut yang paling banyak dirumahkan, dan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), jika mengacu kepada data dari Dinas Tenaga Kerja Jember.

Hal ini terjadi, karena tempat wisata dilarang beroperasi sejak pandemi virus Corona melanda Jawa Timur, termasuk Jember.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved