Anggotanya Maju Pilkada, Hipakad Jatim Berikan Dukungan Moril

Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Jawa Timur mengapresiasi masuknya sejumlah anggotanya dalam bursa pencalonan di pilkada 2020

bobby Koloway/surya
Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Jawa Timur berkerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim dalam menanggulangi peredaran narkoba di Jawa Timur. Seremonial penandatanganan acara ini dilakukan di Surabaya, Sabtu (27/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Jawa Timur mengapresiasi masuknya sejumlah anggotanya dalam bursa pencalonan di pilkada 2020. Hipakad Jatim sebagai organisasi nonton politik siap memberikan dukungan moril.

"Kalau ada anggota yang masuk dalam bursa pencalonan, nggak apa-apa. Kami dukung," Ketua DPD Hipakad jatim, Priyo Effendi, ketika dikonfirmasi pada acara penandatanganan kerjasama Hipakad Jatim dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim dalam antisipasi peredaran narkoba di Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (27/6/2020).

Priyo mencontohkan masuknya nama Bambang Haryo Soekartono di Pilkada Sidoarjo. "Pak Bambang adalah penasehat di Hipakad Jatim," katanya kepada TribunJatim.com.

Sebagai organisasi yang mewadahi para keluarga TNI, Hipakad tak dapat memberikan rekomendasi sebagai organisasi. Namun, tiap anggota Hipakad tetap memiliki kewenangan untuk mendukung sebagai personal.

Wisuda di Unair Surabaya Secara Daring, Hanya Mahasiswa Berprestasi Yang Diundang ke Kampus

Risma Berikan Arahan Khusus ke Sejumlah Kawasan di Surabaya Ini, Alasannya terkuak

Dihadiri Ketua PDIP dan PAN, Ratusan Emak-emak Dukung Gus Yani - Neng Min

"Kalau anggota Hipakad yang maju, ya masa nggak dukung. Meskipun bukan dukungan organisasi," katanya.

Hipakad mewadahi berbagai tokoh lintas partai, bukan hanya Gerindra yang kini menaungi Bambang Haryo. "Di Hipakad kan 'warna-warni'," lanjutnya kepada TribunJatim.com.

Selain di Sidoarjo, sejauh ini Hipakad belum menginventarisir anggota yang maju pilkada di daerah lain. "Prinsipnya, kami memberikan ruang seluas-luasnya untuk anggota dalam mencalonkan diri maupun memberikan pilihan sekaligus menyukseskan pilkada serentak," pungkasnya.

Untuk diketahui, Sidoarjo menjadi satu di antara daerah yang melaksanakan pilkada tahun ini. Selain Sidoarjo, ada 19 daerah di Jatim yang nantinya melaksanakan pemungutan suara 9 Desember mendatang.

Nama Bambang Haryo memang telah mengemuka sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo. Ia juga rajin turun ke lapangan, di antaranya dengan berkunjung ke pabrik krupuk di Desa Mojoruntut, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, awal Juni lalu.

Selain menyapa puluhan pekerja yang sedang beraktivitas, BHS juga sempat berbincang cukup panjang dengan Hj Sulistriningsih, pemilik pabrik krupuk tersebut.

Bambang pada kesempatan tersebut berkomitmen pemerintah bisa membantu dan memudahkan perizinan. "Jika nanti saya diamanati jadi Bupati Sidoarjo, izin-izin untuk perusahaan seperti ini bakal menjadi prioritas. Karena keberadaanya mendukung perekonomian warga," kata Bambang.

Politisi Partai Gerindra juga disambati tentang bunga perbankan. Pemilik pabrik bercerita sempat mengajikan kredit usaha tapi dibebani bunga sampai 7 persen, sehingga harus berpikir ulang.

BHS juga berjanji akan membantu mencarikan kucuran dana permodalan untuk pengusaha seperti ini. "Sebab, dengan tambahan modal usaha, mereka akan berkembang dan berdampak semakin banyak warga sekitar mendapat pekerjaan," katanya. (bob/Tribunjatim.com)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved