Virus Corona di Pasuruan

Belum Semua BLT DD di Kabupaten Pasuruan Digulirkan, Penyebabnya ini

Penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa belum sepenuhnya bisa digulirkan oleh pemerintah desa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

(Surya/Galih Lintartika)
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa belum sepenuhnya bisa digulirkan oleh pemerintah desa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dari data yang didapatkan, hingga saat ini, baru penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana desa (DD) tahap pertama yang tuntas dijalankan. Selebihnya, masih dalam proses pengajuan pencairan dana, hingga penyaluran ke warga.

Dari 341 desa di Kabupaten Pasuruan, belum semua desa menyalurkan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) DD tahap dua atau bulan Mei. Baru ada 275 desa yang telah merealisasikannya. Sementara 66 desa lainnya, masih dalam proses.

Kepala Bidang Bina Keuangan dan Pelayanan Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Isminasih mengatakan, seharusnya pencairan dilakukan bulan ini.

Menurutnya, pencairan itu berguna untuk mengejar pencairan tahap lanjutan.

Pembakar Mobil Via Vallen Sudah Ditangkap, Polisi Ungkap Pelaku Bertingkah Aneh, Sampai Ditenangkan

Jelang Kelahiran Anak Pertama Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah Curhat Musibah Keluargaku: Stay Safe

Sosok Ini Diduga Bakar Mobil Via Vallen Diamankan Polresta Sidoarjo, Polisi Langsung Gelar Olah TKP

"Kami targetkan bisa segera digulirkan sebelum awal Juli. Sekarang masih dalam proses untuk penyalurannya,” jelasnya kepada TribunJatim.com.

Ia mengklaim, sebenarnya tidak ada kendala. Akan tetapi, adanya perubahan untuk penerima, yang membuat pemerintah desa harus melakukan pendataan.

"Ini yang sedikit menjadi hambatan dalam memperlancar proses pencairan. Ada perubahan penerima, mungkin karena meninggal, atau ada yang lebih berhak, dan lainnya. Dan ini harus disesuaikan," katanya kepada TribunJatim.com.

Sekadar diketahui, sesuai aturan PMK nomor 40 tahun 2020 tentang pengelolaan dana desa, penyaluran BLT DD itu dilakukan tiga bulan.

Setiap bulannya, dialokasikan Rp 600 ribu untuk setiap warga. Targetnya, sekitar Rp 90 miliar bisa disalurkan.

Penyaluran BLT DD untuk tahap pertama sudah dijalankan sepenuhnya. Ada Rp 30 miliar yang sudah dialokasikan kepada warga.

Ada sekitar 51.197 warga miskin dan terdampak Covid-19 yang menerima bantuan tunai itu. (lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved