Webinar Bareng Bupati Jember dan Menteri Pertanian, Anak-Anak Harus Mengenal Dunia Pertanian

Bupati Jember Faida dalam webinar pangan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Senin (29/6/2020).

sri wahyunik/surya
Bupati Jember Faida ketika mengikuti webinar nasional perihal pangan, Senin (29/6/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Generasi muda harus dikenalkan dengan dunia pertanian sejak dini, seperti sejak anak-anak. Demikian ditegaskan Bupati Jember Faida dalam webinar pangan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Senin (29/6/2020).

Menurut Faida, dunia pertanian bukan hanya dunia orang dewasa. Generasi muda mulai dari anak-anak, katanya, mesti mendapatkan porsi perihal pertanian.

"Karena membahas pertanian itu bukan hanya dunia orang dewasa, tetapi juga ada porsi untuk anak-anak. Seharusnya pertanian bisa lebih masuk kepada anak-anak melalui dunia pendidikan,” ujar Bupati Faida.

Webinar nasional pangan di era new normal itu mengangkat tema 'Pengembangan Riset Teknologi Pangan Berbasis Potensi Lokal pada Masa dan Pascapandemi Covid-19'. Bupati Jember didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jember Mad Satuki dan Plt Kabag Pembangunan Kosim.

Dalam kesempatan itu, Faida berharap pada saat masa tanam dan panen yang melibatkan orang dewasa, semestinya bisa menjadi destinasi wisata edukasi bagi anak-anak. Melalui cara tersebut, anak-anak bisa terlibat mengikuti proses produksi pangan sejak awal.

Angkat Wastra Nusantara, Lia Afif Padukan Kain Tenun dan Batik Lamongan Untuk IFW 2020

Terungkap Sosok Pembakar Mobil Via Vallen Jelas di CCTV, Sudah Ditangkap, Sang Biduan: Awas Koen!

Artis FTV Ridho Ilahi Ditangkap Konsumsi Sabu-sabu, Pemasok Ternyata Salah Satu Kru Production House

"Dunia pertanian dapat membuka diri, salah satunya melalui destinasi wisata masa tanam dan panen," tegasnya.

Bupati Faida berharap sektor hulu hilir pertanian bisa melekat pada generasi mendatang.

“Sehingga tidak menunggu anak-anak menjadi dewasa untuk mengerti tentang pertanian,” ulasnya kepada TribunJatim.com.

Dia juga berharap Jember yang memiliki potensi pertanian mampu bersama-sama daerah lain menyelesaikan masalah pangan. Selain edukasi pertanian bagi anak-anak, perilaku makan masyarakat juga masih memerlukan edukasi. Hal ini diharapkan juga bisa diatasi secara bersama-sama. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved