Breaking News:

Pastikan Asupan Nutrisi Si Kecil, Hati-hati, Kekurangan Vitamin A Pada Anak Bisa Sebabkan Kebutaan!

Kekurangan Vitamin A pada anak dapat menyebabkan kebutaan. Simak artikel Tim Lifepack tentang vitamin A, pastikan asupan nutrisi si kecil terpenuhi.

Editor: Hefty Suud
Shutterstock by peampath2812
ILUSTRASI - Pentingnya vitamin A bagi anak-anak. 

TRIBUNJATIM.COM - Vitamin A merupakan zat gizi mikro yang memiliki peran penting bagi tubuh.

Hal ini membuat kita harus memasukkannya ke dalam makanan yang kita konsumsi.

Pasalnya vitamin A berperan penting dalam banyak proses fisiologis, yaitu menjaga fungsi semua jaringan permukaan (epitel) seperti kulit, lapisan saluran pernapasan, usus, kandung kemih, telinga bagian dalam dan mata.

Vitamin A juga penting bagi penglihatan, menjaga sistem kekebalan tubuh, untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta kesehatan reproduksi.

Karena vitamin ini sangat penting bagi tubuh, orang yang kekurangan vitamin A akan mengalami kondisi Kekurangan Vitamin A (KVA).

Namun seberapa bahayakah kondisi KVA? Apa gejalanya? Simak selengkapnya pada ulasan Tim Lifepack berikut ini yang telah ditinjau oleh dr Fala Adinda.

Apa itu KVA?
KVA umumnya terjadi pada anak-anak, terutama pada usia 6 bulan hingga 5 tahun. Anak yang mengalami KVA berisiko tinggi untuk terinfeksi penyakit dan mengalami kebutaan. Seorang anak dikatakan mengalami KVA jika serum retinol dalam darahnya kurang dari  0,70 µmol/L.

Defisiensi vitamin A biasanya dimulai ketika anak masih bayi. Hal ini umumnya disebabkan oleh bayi yang tidak diberikan ASI dengan baik. Selain itu, KVA juga bisa disebabkan diare kronis sehingga kadar vitamin A dalam tubuh berkurang.

Gejala KVA
KVA mempengaruhi jaringan mata dengan memperlambat regenerasi pigmen visual setelah terpapar cahaya terang dan dengan mengganggu integritas jaringan epitel. Oleh karena itu, gejala KVA umumnya berupa ketidakmampuan untuk melihat dengan baik terutama dalam pencahayaan redup (rabun senja).

Rekomendasi Asupan Vitamin A

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved