Breaking News:

Hari Kemerdekaan 2020

GP Ansor Ponorogo 'Gowes Sarungan' Sambut HUT RI ke 75, Cerminan Lagu Indonesia Raya

Gerakan Pemuda Ansor Ponorogo menggelar Gowes Sarungan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75. Cerminan lagu lagu Indonesia Raya.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo menggelar acara bertajuk 'Gowes Sarungan', Sabtu (8/8/2020) untuk Memperingati HUT RI ke 75. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Ponorogo menggelar acara bertajuk 'Gowes Sarungan', Sabtu (8/8/2020).

Para pemuda Ansor, Banser, dan Fatayat Kabupaten Ponorogo bersepeda keliling kota menggunakan sarung dan singgah untuk ziarah makam para leluhur.

Ketua GP Ansor Ponorogo, Syamsul Maarif mengatakan, Gowes Sarungan ini bertujuan  membangun kembali spirit santri sebagai komponen yang utama dalam proses membangun bangsa.

Dul Jaelani Terang-terangan Ungkap Tipe Calon Istri Idaman, Lebih Suka Oldies, Masih Remaja Biasa

Petaka Lupa Matikan Setrikaan, Rumah Kontrakan di Tuban Dilalap Si Jago Merah, Rugi Rp 3 Juta

"Mulai dari persiapan pra kemerdekaan dan proses merebut kemerdekaan hingga mengisi kemerdekaan," kata Syamsul saat ditemui usai Gowes Sarungan.

Selain itu, karena tren gowes atau bersepeda sedang naik di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ), GP Ansor mencoba mewadahinya dengan aksi Gowes Sarungan ini.

"Seperti di lagu Indonesia Raya, yaitu 'bangunlah jiwanya' kita wujudkan melalui ziarah kubur para pendiri NU dan juga di Taman makam Pahlawan," kata Syamsul.

Raffi Ahmad Cium Nagita Apa Sih Sayang? di Depan Gading Marten, Ayah Gempi Jealous: Mau Mesra

Gisel-Gading Masih Akur Meski Cerai, Nikita Mirzani Iri Nasibnya Beda Jauh: Gue Anak Gak Diakuin

"Lalu 'bangunlah raganya' kita wujudkan dengan semangat bersepeda atau gowes. Jadi ada semangat olahraga, spiritualitas dan patriotisme yang kita kampanyekan kepada kader Ansor, NU dan masyarakat umum," lanjutnya.

Gowes Sarungan ini dimulai dari Institut Agama Islam Sunan Giri (Insuri), lalu ziarah ke Makam Batoro Katong, lanjut ke Makam Cokro Negoro, dan terakhir ke Taman Makam Pahlawan, Ponorogo.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved