Breaking News:

Hari Kemerdekaan 2020

Rumah Tempat Lahir Bung Karno di Surabaya Bakal Jadi Museum, Ini Komentar Risma

Rumah kelahiran Presiden Soekarno atau Bung Karno di Jalan Peneleh, Gang Pandean, IV nomor 40 Surabaya bakal dijadikan museum.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat acara serah terima rumah kelahiran Bung Karno dari ahli waris pada Pemkot Surabaya, Senin (17/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Rumah kelahiran Presiden Soekarno atau Bung Karno di Jalan Peneleh, Gang Pandean, IV nomor 40 Surabaya bakal dijadikan museum.

Pasalnya, ahli waris rumah tersebut sudah menyerahkan sepenuhnya pada Pemkot Surabaya.

Menariknya, ini bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Dimana serah terima itu langsung dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Nanti rumah ini akan kita jadikan museum, apalagi di kawasan ini banyak sejarahnya," kata Risma di kawasan Peneleh itu, Senin (17/8/2020).

Menurut Risma, rumah tersebut memang punya arti yang sangat besar dan kuat bagi anak-anak.

Aurel dan Ashanty Disebut Anang Rela Permalukan Diri Sendiri Ikut Lomba 17-an Demi Hadiah iPhone

BREAKING NEWS - Lagi, Penyelundupan Baby Lobster Lewat Bandara Juanda Berhasil Digagalkan

Palang Pintu Terbuka Saat Kijang Dihantam Kereta di Taman Sidoarjo, 4 Penumpang Tewas

Karena alasan itulah, Risma berkali-kali memohon kepada para ahli waris rumah itu untuk ikhlas agar bisa dijadikan tempat belajar bagi anak-anak, baik anak Surabaya maupun luar Surabaya.

"Akan belajar ke sini, terutama belajar bagaimana besarnya Bung Karno di tengah keterbatasannya kala itu," tambah Risma kepada TribunJatim.com.

Dia berterimakasih pada ahli waris yang telah menyerahkan rumah bersejarah itu pada Pemkot.

Risma juga berharap, agar warga disana dapat mempersiapkan diri. Warga bisa memanfaatkan peluang itu, untuk menjadi pemandu wisata, jualan souvenir dan semacamnya.

Dia yakin kawasan tersebut bakal menjadi tempat wisata masyhur. Bahkan, dia mengaku sampai bermimpi untuk menjadikan kawasan itu sebagai kawasan bersejarah, termasuk dipikirkan pula alur wisatanya.

Untuk itu, sejak beberapa waktu lalu, Pemkot Surabaya sudah memperbaiki beberapa infrastruktur di kawasan tersebut, termasuk pedestriannya.

Bahkan, beberapa benda dan tempat sejarah lainnya sudah diperbaiki lantaran kawasan itu nantinya akan dijadikan tempat wisata yang penuh sejarah.

"Suatu saat nanti wilayah itu akan bisa menjadi kawasan wisata yang sangat besar, karena ada rumah H.O.S Tjokroaminoto dan ada beberapa peninggalan sejarah lainnya,” ujar Risma kepada TribunJatim.com.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved