Breaking News:

HUT RI Ke-75, Ratusan Napi di Rutan Sampang Mendapatkan Remisi, 10 Orang Dapat Asimilasi di Rumah

Warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kabupaten Sampang, Madura mendapatkan remisi dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Rutan Klas IIB Sampang, Jalan KH Wahid Hasyim Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura. 

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Memontum HUT Ke-75 Kemerdekaan RI menjadi kesenangan tersendiri bagi warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kabupaten Sampang, Madura.

Pasalnya, mendapatkan remisi dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, sesuai dengan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI No. PAS - 992.PK.01.01.02 tahun 2020.

Tercatat, 154 narapidana Rutan Klas IIB Sampang mendapatkan remisi rata-rata satu hingga lima bulan.

Sosok Ibu Nella Kharisma yang Jarang Terekspos, Profesi Tak Main-main Calon Keluarga Dory Nyeni

Jember Belum Jadi Zona Hijau Covid-19, Bupati Faida Belum Izinkan Penerapan Pembelajaran Tatap Muka

Namun, 10 narapidana diantaranya mendapatkan asimilasi di rumah sehingga, langsung dipulangkan karena telah memenuhi kriteria yakni, menjalani hukumannya dua sepertiga masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kepala Rutan Klas IIB Sampang, Gatot Tri Rahardjo mengatakan, sepuluh napi yang mendapatkan asimilasi dirumah akan tetap mendapatkan pemantauan.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya pelanggaran yang kembali di lakukan oleh para napi saat berada di rumah.

"Misalkan nantinya para tahanan kembali melanggar hukum akan dipaksa kembali," ujarnya kepada TribunMadura.com  (grup TribunJatim.com), Selasa (18/8/2020).

Tak Sembarangan Sosok Ayah Nella Kharisma, Calon Keluarga Dory Harsa Nyeni, Lihat Pekerjaannya

Maka dari itu, pemberian asimilasi kepada warga binaan bukan semata-mata didapatkan dengan mudah dan bukan pula merupakan bentuk kelonggaran agar napi segera bebas.

Namun, pemberian asimilasi ini merupakan bentuk tanggung jawab untuk terus menerus memenuhi kewajiban untuk ikut dalam pelaksanaan program pembinaan.

"Setelah masa tahanan para napi yang mendapatkan asimilasi dirumah selesai diharuskan kembali ke rutan untuk melaporkan," pungkasnya.

Potret Keluarga Besar Nella Kharisma yang Jarang Terekspos, Sosok Ibu dan Ayahnya Curi Perhatian

Untuk diketahui, dari sepuluh napi yang mendapatkan asimilasi dirumah diantaranya, Abdulloh bin Dikan (Pencurian) dan Feri Irawan bin Kamid, Fidayat bin Mujehri, Sudariyanto al Yayan, Yudi Adi bin Sudarwanto (Perlindungan anak).

Kemudian, Andre Bin Mastur, Mudasir Bin Padla, Rahmat Riyadi Bin Sulaiman, Zainul Alwi bin H Eko Sunarto, Supardi bin Matdehri (Narkotika).

Penulis: Hanggara Pratama

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Hanggara Syahputra
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved