Breaking News:

Marak Modus Penipuan Digital dengan Teknik Rekayasa Sosial, GoFood Bekali UMKM 'GoBiz Super App'

GoFood beri edukasi mitra usaha tentang pentingnya menjaga keamanan transaksi digital. Dorong UMKM go-digital terhindar dari penipuan.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Gofood edukasi merchant agar terhindar dari penipuan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - GoFood yang merupakan layanan pesan antar andalan para pengusaha kuliner, menyatakan pihaknya terus konsisten mendorong berbagai upaya keamanan digital.

Upaya tersebut salah satunya melalui edukasi mitra usaha tentang pentingnya menjaga keamanan transaksi digital.

Edukasi disebut menjadi bagian penitng dari komitmen, untuk mengimbangi semakin tingginya jumlah UMKM go-digital, terutama di masa pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Balai RW se-Kota Malang Difasilitasi WiFi Gratis, Khusus Buat Siswa Belajar Selama Pandemi Covid-19 

Katalog Promo JSM Giant dan Hypermart 28-31 Agustus 2020, Diskon Sampo, Beli 2 Margarin Gratis 1

Novi Tandjung, Head of Merchant Platform Business Gojek menyebut setidaknya, lebih dari 120.000 UMKM telah mendorong pivot bisnisnya ke digital dengan memutuskan #MelajuBersamaGojek sehingga memperoleh akses terhadap solusi komprehensif (hulu ke hilir) dan inklusif bagi jutaan UMKM.

"Untuk itu edukasi terkait pentingnya menjaga kerahasiaan data usaha dan data pribadi menjadi topik yang terus didorong secara reguler oleh kami, kepada mitra UMKM kuliner melalui berbagai kanal; aplikasi GoBiz, situs resmi (www.gobiz.co.id), media sosial dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)," kata Novi saat dikonfirmasi, Sabtu (29/8/2020).

KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tes Kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil

Warga Asem Jajar Heboh Dukung Eri Cahyadi Maju Bacawali, #SedulurErji Mas Eri Penerus Bu Risma

Menurutnya, kompetensi keamanan digital yang baik menjadi kunci utama dalam melindungi diri saat dihadapkan dengan upaya penipuan dengan teknik rekayasa sosial (atau yang sering kita kenal sebagai manipulasi psikologis) yang tengah menjadi tren modus penipuan digital.

"Berkaca dari hal itu, kami pun semakin melengkapi kemudahan para pelaku UMKM meningkatkan kompetensi keamanan digital. Di aplikasi GoBiz super app untuk para mitra usaha, yang dimana telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, diantaranya: (1) verifikasi PIN validasi terhadap driver yang mengambil pesanan, (2) fitur pengaturan peran pengguna untuk akses pemilik, manajer, dan kasir, dan (3) fitur konfirmasi sebagai pemilik untuk verifikasi kepemilikan data sebagai pemilik outlet, sehingga informasi data sensitif dan akses fitur premium hanya dapat diakses oleh pemilik outlet," jelasnya.

Adapun seluruh upaya inovasi teknologi Gojek dan edukasi kompetensi keamanan digital yang konsisten bagi mitra usaha itu, dikatakan Novi, diharapkan dapat mendukung mitra dalam melindungi keamanan data pribadi dan data usaha.

"Semua ini dilakukan agar para mitra usaha dapat menjalankan bisnis dengan aman, dan mampu terus bertumbuh serta #MelajuBersamaGojek," tandasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved