Pilkada Kota Blitar

Tim Cyber Polres Blitar Kota Pantau 4 Akun Yang Mengarah Lakukan Kampanye Hitam di Pilkada

Tim Cyber Polres Blitar Kota menggencarkan patroli di media sosial menjelang pelaksanaan Pilwali Blitar 2020.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Yoni Iskandar
Surya/samsul hadi
Tim Cyber Polres Blitar Kota melakukan patroli di media sosial, Selasa (29/9/2020). 

TRIBUNJATIM.COM,BLITAR - Tim Cyber Polres Blitar Kota menggencarkan patroli di media sosial menjelang pelaksanaan Pilwali Blitar 2020.

Patroli itu untuk mengantisipasi adanya kampanye hitam lewat media sosial menjelang Pilwali Blitar 2020.

Kasubag Humas Polres Blitar Kota, Iptu Ahmad Rochan mengatakan banyak akun baru di media sosial menjelang Pilwali Blitar 2020. Sejumlah akun baru itu dipakai untuk kampanye masing-masing tim pasangan calon.

Tetapi, dikatakannya, dari pantauan Tim Cyber ada beberapa akun yang aktivitasnya mengarah pada kegiatan kampanye hitam. Isi postingan di beberapa akun itu bernada ujaran kebencian dan menyerang pasangan calon.

"Kami menemukan empat akun di Facebook yang isi postingannya mengarah pada kampanye hitam. Sementara, kami masih memantau aktivitas empat akun itu," kata Rochan kepada TribunJatim.com, Selasa (29/9/2020).

Dikatakannya, untuk kepentingan kampanye, tiap tim pasangan calon seharusnya sudah membuat akun media sosial yang didaftarkan ke KPU. Akun media sosial yang didaftarkan di KPU menjadi akun resmi pasangan calon untuk kegiatan kampanye.

"Tapi, hasil patroli kami di media sosial, banyak akun baru yang isi postingannya berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Untuk sementara, kata Rochan, Tim Cyber hanya memantau aktivitas akun di media sosial. Jika ditemukan unsur pidana, Tim Cyber akan melimpahkan kasus itu ke Divisi Cyber Crime.

Divisi Cyber Crime yang akan menindaklanjuti apakah akun itu digerakkan orang atau mesin.

"Kalau akun itu digerakkan oleh mesin, kami akan melaporkan ke Tim Patroli Cyber Polda Jatim agar akun itu dilakukan take down," katanya. (sha/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved