Breaking News:

Penanganan Covid

Khofifah Sebut Pengendalian Covid-19 Progresif, Bebas Zona Merah, 50 Persen Daerah Jatim Zona Kuning

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, pengendalian Covid-19 di Jawa Timur terus berjalan dengan progres positif.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut, pengendalian virus Corona ( Covid-19 ) di Jawa Timur terus berjalan dengan progres positif.

Jika dua pekan lalu diumumkan bahwa Jatim telah keluar dari zona merah, maka hari ini gubernur perempuan pertama Jatim itu menyampaikan, separuh kabupaten kota di Jatim telah masuk zona kuning, dan separuh yang lain masih masuk zona oranye.

Daerah di Jatim yang masih zona oranye atau zona risiko sedang penularan Covid-19 Jatim adalah Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lumajang, Jember, Probolinggo.

Kemudian Kota Mojokerto, Bondowoso, Jombang, Kota Kediri, Sumenep, Banyuwangi, Ngawi, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Probolinggo, Sidoarjo, dan Mojokerto.

Sedangkan daerah di Jatim yang sudah masuk zona kuning atau risiko rendah penularan Covid-19 meliputi Kabupayen Pacitan, Kota Blitar, Tuban, Situbondo, Kediri, Ponorogo, Madiun, dan Pasuruan.

Baca juga: Tingkat Penularan Covid-19 Ponorogo Turun ke Zona Kuning, Pengetatan Aktivitas Masyarakat Jadi Kunci

Baca juga: Tatap Muka Pertama Selama Pandemi Covid-19, Siswa SMPN 3 Ponorogo Dilarang Berbagi Makanan

Kemudian yang juga sudah zona kuning adalah Kabupaten Magetan, Bangkalan, Malang, Kota Madiun, Lamongan, Sampang, Pamekasan, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Bojonegoro.

“Artinya, saat ini  50 persen lagi wilayah Jatim yang berstatus zona oranye per hari ini. Sebelumnya, dua pekan lalu Jatim berhasil keluar dari status zona merah penyebaran Covid-19. Alhamdulillah, ini kabar yang sangat menggembirakan dan patut disyukuri,” ungkap Khofifah Indar Parawansa, Selasa (20/10/2020) sore.

Ia mengatakan, data peta zona risiko penyebaran Covid-19 terbaru itu didapatkan dari update website Satgas Covid-19 Nasional yang memang memberikan perkembangan baru sepekan sekali setiap hari Selasa.

Status tersebut ditetapkan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional berdasarkan hitungan epidemiologis dengan 15 indikator. Yang meliputi kenaikan kasus, jumlah tes, tingkat kesembuhan, jumlah kematian maupun kapasitas rumah sakit.

Baca juga: Tren Kasus Positif Turun, Kabupaten Tuban Kini Masuk Zona Kuning Sebaran Covid-19

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved