Breaking News:

Kereta Tanpa Lokomotif Tabrak Ekskavator

Rangkaian Gerbong Kereta Berjalan Sendiri Tanpa Lokomotif, Ini Tanggapan PT KAI Daop 8 Surabaya

Tanggapan PT KAI terkait rangkaian gerbong kereta tanpa lokomotif dan tanpa penumpang tiba tiba berjalan sendiri dan tabrak ekskavator mini.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Pipin Tri Anjani
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto saat datang ke lokasi kejadian dan menemui para awak media. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tujuh rangkaian gerbong kereta tanpa lokomotif dan tanpa penumpang tiba tiba berjalan sendiri dengan kencang. Diperkirakan kecepatan rangkaian gerbong tersebut berjalan sekitar 40 km per jam.

Akibat kejadian tersebut, rangkaian gerbong itu menabrak ekskavator mini yang berada di pinggir rel Stasiun Malang Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (18/11/2020) siang.

Setelah menabrak ekskavator mini, rangkaian gerbong kereta baru terhenti setelah mengalami anjlok dan lepas dari jalur rel.

Menurut saksi mata yang berada di sekitar lokasi kejadian, rangkaian gerbong tersebut berjalan dari arah utara menuju ke selatan. Atau tepatnya dari arah Stasiun Malang Kota Baru menuju ke Stasiun Malang Kota Lama.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto yang datang langsung ke lokasi kejadian mengatakan rangkaian gerbong tersebut merupakan rangkaian gerbong kereta langsiran cadangan.

Baca juga: Juru Langsir PT KAI di Malang Tewas Terlindas Kereta, Diduga Korban Bunuh Diri

Baca juga: 3 Gerbong Kereta Tanpa Lokomotif Tabrak Ekskavator di Malang Dievakuasi, PT KAI Lakukan Penyelidikan

"Kami informasikan pada Rabu (18/11/2020) pukul 15.02 WIB, telah terjadi anjlokan kereta langsiran cadangan. Dimana rangkaian terdiri dari tujuh gerbong kereta. Gerbong kereta satu hingga empat mengalami anjlok. Sedangkan gerbong kelima, keenam dan ketujuh tidak anjlok," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Ia menjelaskan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa sama sekali.

"Untuk kejadian ini tidak ada korban jiwa sama sekali. Dan meski telah terjadi kejadian ini, perjalanan kereta api yang lain tidak mengalami gangguan dan jalur (jalur rel kereta yang lain) masih bisa dilewati," tambahnya.

Dirinya menerangkan pihak PT KAI Daop 8 Surabaya hingga saat ini masih melakukan proses evakuasi terhadap gerbong kereta tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved