Breaking News:

Ngawi Masuk Program Langit Biru Pertamina Gerujuk BBM Murah Untuk Kesehatan di Jawa Timur

Dukungan Program Langit Biru (PLB) Pertamina di perluas ke 15 wilayah lainnya. Ini setelah tren peningkatan indeks kualitas udara (Air Quality Index

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Yoni Iskandar
Surya/ Doni Prasetyo
Plakat pemberitahuan pertamina BBM murah dan cash back sudah terpasang di seluruh SPBU di Jawa Timur. 

TRIBUNJATIM.COM, NGAWI - Dukungan Program Langit Biru (PLB) Pertamina di perluas ke 15 wilayah lainnya. Ini setelah tren peningkatan indeks kualitas udara (Air Quality Index atau AQI) di Kota Malang mencatatkan angka yang semakin baik.

Sebelum PLB dijalankan, tercatat indeks kualitas udara di angka 72. Dua pekan setelah PLB bergulir, indeks kualitas udara Kota Malang semakin baik dengan angka 57 sesuai sumber: www.iqair.com.

Menurut Unit Manager Communication Relation & CSR Marketing Region Jatimbalinus Pertamina MOR V Surabaya, Deden Mochammad Idhani, mengatakan program edukasi dan promosi ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

"Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan," kata Deden kepada Surya, Jumar (20/11).

Dikatakan Deden Idhani, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Baca juga: Legenda Sepak Bola Indonesia Ricky Yacobi Meninggal Dunia

Baca juga: Tekad Sang Juara Dunia di Seri Pamungkas MotoGP Portugal, Joan Mir Siap Tampil Habis-habisan

Baca juga: Pertamina Luncurkan Program Langit Biru, Pertalite Seharga Premium di Madura Mulai Hari Ini

"Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna,"kata Deden.

Keberhasilan Pertamina memberi dorongan Pengendalian Pencemaran Udara, menjadikan peningkatan indeks kualitas udara (Air Quality Index atau AQI) di Kota Malang, sebagai uji coba semakin baik.

"Peningkatan AQI itu menjadi salah satu dorongan bagi Pertamina untuk memperluas cakupan PLB. Setelah dilaksanakan di sejumlah kabupaten dan kota wilayah Jawa Timur, Program Langit Biru (PLB) Pertamina, kembali diperluas ke 15 wilayah lainnya,"ujar Deden.

Diungkapkan Deden Idhani, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

"Karenanya, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas, yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98," tegasnya kepada TribunJatim.com.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved