Breaking News:

Korban PHK Pandemi Covid-19 yang Bangkit Bikin Usaha Handicraft

Vidia (35) adalah korban PHK imbas dari pandemi Covid-19. Sembilan tahun bekerja di industri garment di Lumajang,

tony hermawan/Tribunjatim
Vidia saat menunjukkan bunga-bunga yang dibuat dari kain stocking. 

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Vidia (35) adalah korban PHK imbas dari pandemi virus Corona atau Covid-19. Sembilan tahun bekerja di industri garment di Kabupaten Lumajang, ia tak pernah menyangka masuk dalam daftar karyawan yang diberhentikan.

Di tengah kondisi sulit, menurutnya melamar kerja di tempat lain bukan hal yang mudah. Namun di tengah kegelisahannya, Vidia menolak menyerah agar bisa tetap mendapatkan penghasilan.

"Rasanya biasa kerja terus diam di rumah kan gak enak. Saya mikir, cari-cari inspirasi akhirnya bikin bunga dari stocking," kata Vidia, saat ditemui di rumahnya, Dusun Krajan RT 1, RW 1 Wonorejo, Kecamatan kedungjajang, Kabupaten Lumajang kepada TribunJatim.com, Minggu (13/12/2020).

Diceritakan Vidia, membuat bunga dari stocking adalah hal baru baginya. Sebelumnya, sekali pun tak ada pengalaman.

Kendati demikian, ia tak putus asa. Hasil selancarnya di internet dan keahliannya menjahit, cukup membantu Vidia membuat bunga-bunga dari stocking. Tak heran, meski Navy Craft baru dirintis 5 bulan lalu, tapi laku keras di pasaran.

Vidia sekarang juga sudah mulai bisa bernafas lega. Penjualan bunga-bunga stocking miliknya terbilang laris manis. Bicara soal omset, Vidia bersyukur karena penghasilannya bisa mencukupi kebutuhan.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Murah Harga di Bawah Rp 100 Juta, Pilihan Akhir Tahun, Xenia hingga Kijang Innova

Baca juga: Sikapi Penanganan Kasus Hukum MRS, Ulama Jawa Timur Ajak Umat Tak Terprovokasi

Baca juga: Rizky Billar Kalem Lesty Kejora Tak Bilang Permak Gigi, Santai Soal Pilihan Gebetan, Ya Udah

"Ya pokoknya cukuplah, 3 bulan pertama bisa dapat uang berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan kerja di pabrik garment," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Saat ini Vidia belum memiliki toko khusus untuk penjualan bunga stocking miliknya. Usaha ini benar-benar dia lakukan dari rumah guna mengisi waktu luang. Penjualan pun hanya melalui online.

Harga bunga stocking karya 'Navy Craft' terbilang variatif. Rata-rata seharga Rp 15.000 - 500.000, tergantung tingkat kerumitan bunga.

Merintis usaha baru, Vidia mulai merasakan betul pasang surut pembeli. Kata dia, belakangan ini peminat karyanya mulai menurun.

Tapi, lagi-lagi Vidia tak mau pasrah. Ia berencana akan membuat aneka bunga yang lebih beragam. Malahan, ia akan membuat handicraft yang tak melulu bunga.

"Mungkin orang jenuh ya kalau pilihannya itu-itu aja, jadi memang harus buat baru dan selalu baru," pungkasnya.(Tony H/Tribunjatim.com)

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved