Breaking News:

Dukung Pelestarian Lingkungan Geopark Ijen, Komunitas Banyuwangi Lakukan Bersih- Bersih Pantai 

Sejumlah warga Banyuwangi terus mendukung upaya pelestarian dan kebersihan lingkungan di kawasan situs Geopark Ijen.

TribunJatim.com/ Haorrahman
Bersih-bersih tempat sampah di Banyuwangi 

TRIBUNJATIM.COM, Banyuwangi - Sejumlah warga Banyuwangi terus mendukung upaya pelestarian dan kebersihan lingkungan di kawasan situs Geopark Ijen

Salah satunya, secara rutin mereka menggelar aktivitas positif untuk memperbaiki kualitas lingkungan di kawasan situs.

Seperti yang terlihat pada kegiatan Beach Clean Up yang  berlangsung di Geosite Pantai Grajagan, pada 13 Desember 2020. Sebanyak 169,69 kg sampah, yang didominasi sampah laut, berhasil dikumpulkan pada kegiatan itu.

Geosite Pantai Grajagan sendiri merupakan bagian dari Situs Geopark Ijen

Geopark Ijen menaungi 24 situs yang terdiri atas geological site, biological site dan culture site. Geopark Ijen saat ini telah ditetapkan sebagai geopark nasional sejak 2018 dan kini tengah diusulkan masuk menjadi UNESCO Global Geopark oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Batu Tinggi, Capai 82 Persen per 14 Desember 2020

Salah satu anggota Badan Geopark Ijen, Fikli Perdana Kusumo mengatakan kegiatan sunday beach clean up dilakukan untuk mensosialisasikan kepada warga pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan di area situs geopark. Khususnya kepada pengelola setempat.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk terus meningkatkan kepedulian bersama dalam menjaga kebersihan juga kelestarian lingkungan area geopark. Terutama ke pengelola wisata yang telah mendapatkan manfaat dari berlangsungnya kegiatan pariwisata di area situs tersebut,” ujar Fikli.

Dia melanjutkan kegiatan Sunday Beach Clean Up diikuti oleh 40 peserta yang tergabung dalam Forbis (forum bebas sampah Banyuwangi). 

Forbis sendiri terdiri atas sejumlah komunitas daerah yang yang berasal dari beragam latar belakang.

“Dari kegiatan kemarin, kami berhasil mengumpukan sampah di sekitar pantai sebanyak 169,69 kg, yang lalu kami kirim ke TPA terdekat. Ini terus kami lakukan rutin,” terangnya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved