Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Hasil Pilkada Serentak se-Jatim: PPP, Gerindra, dan Demokrat Menang Besar

Sejumlah partai di Jawa Timur meraih kemenangan besar pada pilkada serentak tahun 2020. Dari 11 partai yang mengusung calon, PPP menang di 13

sugiyono/surya
KOMPAK - Pengurus DPP PDI Perjuangan dengan kompak foto bersama Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gresik, Kamis (10/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah partai di Jawa Timur meraih kemenangan besar pada pilkada serentak tahun 2020. Dari 11 partai yang mengusung calon, PPP menang di 13 daerah sedangkan Demokrat-Gerindra di 12 daerah dari 19 daerah pilkada.

Berdasarkan data rekapitulasi suara kandidat di laman KPU, kemenangan terbesar diraih PPP. Partai berlambang Ka'bah ini di antaranya menang di Kota Pasuruan, Sidoarjo, hingga Jember.

Sedangkan kemenangan Gerindra di antaranya tersebar di Kota Blitar, Jember, hingga Banyuwangi. Di Kota Blitar, Gerindra berkoalisi dengan PDI Perjuangan, dan tiga partai lainnya menempatkan kadernya, Tjujuk Sunario sebagai Calon Wakil Wali Kota.

Sedangkan Demokrat, kembali sukses memenangkan daerah basisnya. Di antaranya, Kabupaten Pacitan yang mengusung kader internalnya, Indrata Nur Bayuaji, berpasangan dengan Ketua Golkar Pacitan Gagarin.

Kemenangan terbesar berikutnya juga diraih PDI Perjuangan dengan sukses mengamankan 11 daerah. Tak sekadar menang, PDI Perjuangan juga menempatkan kadernya di 10 daerah sekaligus sebagai kepala maupun wakil kepala daerah.

Baca juga: Ributkan Warisan Lina, Teddy Nikah Siri dengan Wanita Muda, Ketua RT: Baru 4 Bulan Sudah Ditinggalin

Baca juga: Karaoke di Pamekasan Sudah Ditutup Permanen Tapi Dibuka Diam-diam, Satpol PP Akui Kecolongan

Baca juga: Kronologi 20 Pegawai PN Malang Positif Covid-19, Awalnya Ada yang Alami Tidak Bisa Mencium Bau

Dominasi PDI Perjuangan di antaranya terlihat di Kota Surabaya dan Banyuwangi serta sejumlah daerah yang mengusung calon tunggal: Ngawi dan Kediri. Bahkan, PDI Perjuangan juga menang atas petahana: Ponorogo dan Situbondo.

Praktis, dari 11 partai yang mengusung calon di 19 daerah, hanya dua partai yang meraih kemenangan kurang dari 50 persen. Yakni, PKB (lima daerah) dan PBB (1 daerah).

Keterpurukan PKB cukup mengejutkan. Sebab, partai yang kini dipimpin Muhaimin Iskandar tersebut kalah di daerah basis seperti Tuban, Lamongan, dan Sumenep.

Namun, PKB sukses menghentikan dominasi PDI Perjuangan di Kabupaten Blitar. PDI Perjuangan yang mengusung petahana, Rijanto-Marhaenis Urip Widodo kalah dari calon PKB, Rini Syarifah-Rahmad Santoso.

Sedangakan satu-satunya daerah yang dimenangkan PBB adalah Sumenep. Di Sumenep, PBB memenangkan Ach Fauzi dan Dewi Khalifa. (bob)

Peta Kemenangan Partai di Pilkada Serentak di Jatim:

1. PPP: 13 daerah
2. Gerindra: 12 Daerah
3. Demokrat: 12 daerah
4. PDI Perjuangan: 11 Daerah
5. PAN: 10 daerah
6. Golkar: 9 Daerah
7. PKS: 9 daerah
8. NasDem: 8 daerah
9.Hanura: 8 daerah
10. PKB: 5 Daerah
11. PBB: 1 daerah. (Bob/Tribunjatim.com)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved