Breaking News:

Gubernur Jawa Timur Khofifah Lepas Ekspor 2.650 Ekor Domba Jatim ke Brunei Darussalam

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala BBKP Surabaya melepas sebanyak 2.650 ekor domba untuk diekspor ke Brunei Darussalam.

SURYA/Fatimatuz Zahroh
Siang ini, Senin (21/12/2020), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya melepas sebanyak 2.650 ekor domba untuk diekspor ke Brunei Darussalam. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Geliat ekspor terus didorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Siang ini, Senin (21/12/2020), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya melepas sebanyak 2.650 ekor domba untuk diekspor ke Brunei Darussalam.

Dalam sambutannya, Khofifah mengatakan bahwa domba adalah hewan ternak unggulan di Jawa Timur dan dihasilkan dari banyak daerah. Seperti yang diekspor hari ini, ada dari Lamongan dan juga Tuban.

"Ekspor ini merupakan prestasi luar biasa dimana koperasi peternak dari Jatim mampu menembus pasar internasional. Terlebih sudah ada permintaan dari beberapa negara lain khususnya Timur Tengah," katanya.

Setiap ekor domba memiliki berat badan sekitar 35 kilogram. Siang ini, ribuan ekor domba itu diberangkatkan secara bertahap dengan tujuan agar mereka tidak stres di perjalanan dan selamat sampai tujuan.

Baca juga: Antisipasi Sebaran Covid-19, Seluruh Pegawai BNN Gresik Dirapid Test

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Soal Rapid Test Antigen, Harus Bawa Ini Kalau Mau Perjalanan ke Luar Kota

Lebih lanjut, domba eskpor ini merupakan hasil gabungan peternak yang terhimpun dalam Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari.

Mereka sudah cukup sering melakukan ekspor ke Brunei, dan beberapa kali juga memasok pasar Timur Tengah seperti Dubai.

Menurut Khofifah, apa yang dikerjakan Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari memiliki banyak dampak positif. Pertama, dari segi tenaga kerja, koperasi ini memberdayakan unskilled labour dan kaum perempuan dalam proses ternak domba.

"Ini harapan baru dimana peternak domba di Jatim ini kebanyakan pelakunya adalah ibu-ibu karena domba dan kambing ini mengurusnya tidak terlalu berat, dan makanannya juga konsentrat. Para peternak ini nantinya akan dipandu dengan pelatihan-pelatihan bagi mereka supaya skill-nya bisa meningkat lebih tinggi khususnya untuk akses ekspor," katanya.

Pada Tahun 2019, jumlah Populasi Domba di Jatim sebanyak 1.382.418 Ekor yang berkontribusi terhadap nasional sebesar 8 persen. Kemudian jumlah populasi Kambing sebanyak 3.524.898 ekor, yang berkontribusi terhadap nasional sebesar 19 persen.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved