Pebisnis Cafe Wajib Tau, Memilih Air Mineral yang Tepat Ternyata Bisa Bikin Kopi Lebih Nikmat

Saat menyeduh kopi, senyawa yang berada di dalam air akan mengikat komponen-komponen dalam kopi, sehingga ciptakan cita rasa minuman yang lebih kaya.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Pipin Tri Anjani
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Muhammad Aga, award winning Barista dan pemilik toko kopi SMITH tampak tengah membuat minuman kopi hitam dengan pemakaian air mineral dari brand Aqua. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kopi sudah jadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan warga Indonesia.

Tidak hanya berguna untuk jadi pembangkit semangat di pagi hari saja, minum kopi juga kerap dinilai berguna dalam menjadi perekat kebersamaan dan mengisi waktu bersantai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunJatim.com dari Dewan Kopi Internasional, konsumsi kopi Indonesia per kapita pada periode Oktober 2019 hingga September 2020, telah mencapai 288 juta kilogram.

Bahkan, angka tersebut diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% di tahun 2021.

Tidak hanya sebagai penikmat kopi, Indonesia juga memproduksi berbagai varietas biji otentik dengan karakter dan aroma yang beragam.

Ragam biji kopi itu seringkali dijadikan acuan kualitas dan rasa pada minuman tersebut.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 40-50 Jutaan, Bisa Dapat Daihatsu Sirion hingga Toyota All New Corolla

Baca juga: Pengunjung Rutan di Ponorogo Selundupkan Narkorika Lewat Botol Deodoran, Begini Nasibnya

Padahal, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, seperti misalnya peran air mineral yang dipakai.

"Tanpa disadari, satu cangkir kopi terdiri dari 95% air dan 5% kopi. Artinya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi juga berperan penting dalam membentuk karakter rasanya," ujar Muhammad Aga, award winning Barista dan pemilik toko kopi SMITH, Senin (28/12/20).

Dikatakan Aga, saat menyeduh kopi, senyawa yang berada di dalam air akan mengikat komponen-komponen dalam kopi, sehingga menciptakan cita rasa minuman yang lebih kaya dan beraroma.

"Maka dari itu, penting untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang dapat mengikat dan mengekstraksi kopi dengan lebih baik," imbuhnya.

Kandungan seperti kalsium dan magnesium, kata Aga, kerap diasosiasikan sebagai dua komponen kimia yang berperan dalam meningkatkan efisiensi ekstraksi kopi.

Kedua senyawa tersebut dapat ditemukan pada air mineral.

“Intinya adanya kandungan mineral dalam air saat menyeduh kopi hitam dapat meningkatkan rasa minuman secara signifikan. Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan juga seimbang antara asam, manis dan pahit. Keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup,” jelas Aga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved