Breaking News:

Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Satgas Nganjuk Intensif Gelar Operasi Yustisi di Pusat Keramaian

Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan semakin intensif digelar tim Gabungan Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Nganjuk.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Tim Gabungan Satgas covid-19 Kecamatan Ngluyu menggelar operasi yustisi terhadap warga pelanggar prokes di jalan raya. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan semakin intensif digelar tim Gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk.

Sejumlah jalan protokol dan pusat keramaian potensi terjadinya kerumunan di Kota Nganjuk menjadi target sasaran operasi yustisi.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk yang juga Kapolres Nganjuk, AKBP Harviadhi Agung Pratama melalui Kabag Ops Polres Nganjuk, AKP Abdul Rokib mengatakan, diintensifkannya operasi yustisi tersebut sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus Corona. Ini setelah hingga kini kasus positif Corona di Kabupaten Nganjuk terus bertambah.

"Warga harus selalu diingatkan dan disosialisasi tentang Pandemi virus Corona yang masih terjadi hingga sekarang ini sehingga tidak boleh mengendorkan kepatuhan terhadap Prokes pencegahan Covid-19," kata Abdul Rokib, Rabu (30/12/2020).

Dijelaskan Abdul Rokib, dalam kegiatan operasi yustisi cukup banyak warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. Umumnya, pelanggaran dengan tidak memakai masker masih mendominasi yang terjaring dalam operas yustisi.

Baca juga: Puluhan Tenaga Kesehatan Telah Disiapkan untuk Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Nganjuk

Baca juga: Selama Tahun 2020, Angka Kriminalitas di Wilayah Polres Nganjuk Alami Penurunan

Dan bagi pelanggar prokes Covid-19 langsung dilakukan pendataan dan penindakan. Yakni berupa teguran lisan, sanksi sosial bersifat mendidik warga, dan sebagainya.

"Untuk pelanggar prokes yang memang tidak memiliki masker juga langsung diberikan masker secara gratis. Dan yang penting semua pelanggar menyadari akan bahaya Covid-19 bagi kesehatan mereka sendiri," ujar Abdul Rokib.

Sedangkan kegiatan operasi yustisi ditempat keramaian Kota Nganjuk juga digelar tim Gabungan Satgas Covid-19 Kecamatan Nganjuk Kota. Ini setelah banyak warga yang datang ke ibu Kota Kabupaten Nganjuk tersebut masih banyak yang tidak memakai masker atau melanggar Prokes Covid-19.

Kapolsek Nganjuk Kota, AKP Rahayu Rini mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Satpol PP Pemkab Nganjuk terus bersinergi melakukan kegiataan operasi yustisi di beberapa tempat yang merupakan pusat keramaian di Kecamatan Nganjuk Kota. Hal ini dimaksudkan untuk mendisiplinkan warga terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat memiliki pemahaman serta kesadaran dengan melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru, namun tetap memperhatikan kedisiplinan protokol kesehatan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19," kata Rahayu Rini.

Oleh karena itu, tambah Rahayu Rini, pihaknya berharap melalui Operasi Yustisi tersebut masyarakat dapat lebih disiplin lagi dalam menerapkan Protokol Kesehatan di kehidupan sehari-hari.

"Dan kegiatan Operasi Yustisi itu juga dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Nganjuk," tutur Rahayu Rini.

Sementara itu, hingga kini data terakhir jumlah kasus positif Corona di Kabupaten Nganjuk telah mencapai 1077 kasus. Jumlah kasus positif Corona tersebut dipastikan akan terus bertambah seiring dengan masih terjadinya penularan Covid-19. (SURYA/Achmad Amru Muiz)

Editor: Pipin Tri Anjani

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Pipin Tri Anjani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved