Breaking News:

Penanganan Covid

Puluhan Tenaga Kesehatan Telah Disiapkan untuk Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Nganjuk

Puluhan tenaga kesehatan telah disiapkan untuk lakukan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) di Nganjuk. Akan dilakukan di tiga rumah sakit.

TRIBUNJATIM.COM/ACHMAD AMRU MUIZ
Sejumlah petugas medis saat melakukan rapid tes Covid-19 di Kabupaten Nganjuk, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk telah menyiapkan sekitar 50 orang tenaga kesehatan sebagai petugas vaksinasi Covid-19 (virus Corona).

Hal itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk melalui tahapan pelatihan petugas vaksinator hingga ke tahapan persiapan sarana prasarana vaksinasi.

Kasi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Kundariana mengatakan, tenaga vaksinator Covid-19 tersebut terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang tersebar di 20 Puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Nganjuk.

"Saat ini petugas vaksinator dalam kondisi siap menjalankan tugas vaksinasi Covid-19 melalui penyuntikan dengan pelatihan khusus tersebut," kata Kundariana mendampingi Kadinkes Kabupaten Nganjuk, Ahmad Noeroel Cholis, Rabu (30/12/2020).

Dikatakan Kundariana, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nantinya akan dilakukan di 20 Puskesmas dan tiga rumah sakit di Kabupaten Nganjuk. Yakni di RSUD Nganjuk, RSUD Kertosono, dan RS Bhayangkara Nganjuk.

Baca juga: Dorong Pengembangan Usaha, 17 BUMDESMA di Nganjuk Dapat Bantuan Sarana dan Prasarana Operasional

Baca juga: Senggol Pembatas Jalan Saat Hendak Menyalip, Pria Nganjuk Terlindas Truk di Bypass Krian Sidoarjo

Di tempat-tempat tersebut nantinya warga Kabupaten Nganjuk akan diberikan vaksin Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan Kundariana, vaksinasi Covid-19 baru pertama kali terjadi di dunia. Dengan demikian sangat diperlukan ketelitian dan kesiapan yang ektra dalam melaksanakan vaksinasi. Maka dari itu, pihaknya meminta semua pihak kooperatif dan mematuhi instruksi vaksinator dalam pelaksanaan vaksinasi nanti.

"Di mana setelah disuntik vaksin, masyarakat harus istirahat di lokasi vaksinasi selama 15 menit untuk observasi. Setelah dipastikan aman tidak ada gejala ataupun keluhan maka mereka dibolehkan pulang dengan dibekali kartu imunisasi atau sertifikat imunisasi dari petugas," ucap Kundariana.

Baca juga: Satgas Covid-19 Dirikan Tenda Darurat di RSUD Nganjuk, Antisipasi Kasus Positif yang Terus Meningkat

Baca juga: Larang Penggunaan Knalpot Brong pada Malam Tahun Baru 2021, Polres Madiun Beri Imbauan Bengkel Motor

Vaksinasi Covid-19, menurut Kundariana, akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi.

Halaman
12
Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved