Tak Jadi Ketua DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie: Kami Sami'na Wa Atho'na dengan Ketua Umum

Tak dipilih jadi Ketua DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie: kami sami'na wa atho'na (kami mendengar dan kami taat) dengan ketua umum.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Rizki Sadig (paling kiri) dan Ketua Harian Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur, Achmad Rubaie (dua dari kanan) saat bersama para Anggota Tim Formatur pembentukan Pengurus DPW PAN Jatim, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) telah memberikan mandat kepada Rizki Sadig untuk memimpin Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jatim.

Menyikapi hal ini, Achmad Rubaie yang sebelumnya juga santer dicalonkan memimpin PAN Jatim pun menerima.

"Kami-kami ini adalah aparatur partai. Kalau ketua umum sudah memutuskan, maka kami wajib menjalankan," kata Achmad Rubaie di Surabaya, Selasa (29/12/2020).

Achmad Rubaie menerangkan, Zulhas dalam mengambil keputusan selalu mengedepankan musyawarah, dan juga menerima seluruh masukan.

"Ketua umum kami tidak semena-mena atau otoriter, namun mau mendengar. Sehingga, ketika sudah memutus (keputusan), kami siap tegak lurus," katanya.

Achmad Rubaie menyebut Zulhas lebih mementingkan kepentingan partai.

Baca juga: Zulhas Resmi Tunjuk Rizki Sadig Sebagai Ketua DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie Jadi Ketua Harian

"Filosofi ketua kami jelas, bagaimana partai kami terus bereksistensi, baik di legislatif maupun eksekutif," katanya.

Achmad Rubaie tak memungkiri, pihaknya ikut membantu memenangkan Zulhas di Kongres PAN lalu. Bahkan, Achmad Rubaie berani berhadapan dengan sikap resmi DPW PAN Jatim di bawah kepemimpinan Masfuk yang mendukung rival Zulhas, Mulfachri Harahap.

Sebelum pelaksanaan Kongres, Achmad Rubaie menjadi penggalang barisan dukungan dari 13 DPD kabupaten/kota di Jawa Timur untuk Zulhas. Hasilnya pun berbuah manis, Zulhas kembali terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode kedua.

Sekalipun demikian, Achmad Rubaie menegaskan, pihaknya tak mengincar posisi Ketua DPW PAN Jatim sebagai balas jasa.

Baca juga: Seusai Pilkada Malang 2020, Partai Golkar Tak Membelot dari Koalisi Sanusi-Didik Gatot Subroto

"Kalau pun kami diberikan posisi sebagai Ketua Harian (bukan Ketua DPW), tak akan mengurangi antusiasme dan semangat kami dalam membesarkan PAN di Jawa Timur," katanya.

"Sekalipun, tidak berada di posisi yang diharapkan. Begitu diputuskan oleh ketua umum, kami sami'na wa atho'na (kami mendengar dan kami taat) dan kami rasa semua kader pun tegak lurus dengan instruksi ketua umum," tegasnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi menunjuk Rizki Sadig sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Timur periode 2020-2025.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved