Breaking News:

Dua Orang Pencuri di Batu Gasak Uang di Musala dan Toilet

Pencurian di tempat ibadah kian marak di Kota Batu. Pada September 2020, seorang pengendara motor mencuri uang dari kotak amal di Musala Nurul Islam

istimewa
Ilustrasi pencurian di tempat ibadah di Malang 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Pencurian di tempat ibadah kian marak di Kota Batu. Pada September 2020, seorang pengendara motor mencuri uang dari kotak amal di Musala Nurul Islam, Desa Junrejo. 

Aksinya terekam CCTV milik warga.

Lalu pencurian di tempat ibadah juga terjadi di Masjid Darul Muttaqin, Dusun Kajar, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, pada akhir Desember 2020. Para pelaku adalah lelaki dan perempuan. Aksi keduanya juga terekam CCTV milik masjid. Mereka mengendarai sepeda motor.

Terbaru, Musala Al Huda yang berada di Jl Gajah Mada, Gang 3, Desa Tulungrejo menjadi sasaran dua orang pencuri kotak amal jariyah. Pelaku juga membawa kotak berisi uang yang ditaruh di depan toilet umum. Kedua pelaku kabur naik sepeda motor.

Baca juga: Imbas Pembangunan JLS, Jalan Pantai Malang Selatan Rusak, Sanusi: Perbaikan Tunggu Pengerjaan Usai

Masjid dan toilet umum itu berada di dekat rumah anggota DPRD Batu, Khamim Tohari. Bahkan toilet umum yang dikelola pemuda karang taruna setempat berlokasi tepat di depan rumah Khamim.

Dikatakan Khamim, para pencuri membawa kotak uang di depan toilet secara langsung. Uang di depan toilet diperkirakan lebih banyak daripada di kotak amal musala.

“Uang yang di musala sudah diambil sehari sebelumnya, jadi sepertinya tidak ada. Kalau kotak yang di toilet itu agak banyak, mungkin lebih dari Rp 2 juta,” ujar Khamim.

Diceritakan Khamim, kedua pelaku beraksi pada Senin dini hari sekitar pukul 3 pagi. Sebelum berhenti di depan musala, para pelaku tertangkap CCTV sedang mondar-mandir di sekitar lokasi.

“Mereka melakukan aksi itu sebelum salat subuh. Warga baru mengetahui setelah salat subuh,” imbuh politisi PDI Perjuangan tersebut, Selasa (5/1/2021).

Nampaknya, tidak susah untuk menemukan pelaku. Melalui rekaman CCTV, plat nomor sepeda motor pelaku terlihat jelas. Diterangkan Khamim, plat motor yang digunakan pelaku adalah N 4657 AAN. Dua orang pelaku menaiki kendaran Honda Vario.

Khamim tidak mengetahui pasti apakah itu plat nomor kendaraan asli atau palsu. Pastinya, nomor plat nomor kendaraan terlihat jelas dari CCTV.

Dari rekaman CCTV itu juga, terlihat seorang pelaku berada di sepeda motor dan satunya lagi bertugas mengambil barang curian. Mereka tampak mengamati kawasan sekitar terlebih dahulu sebelum berakhir. Mereka juga terlihat tidak terburu-buru mengambil barang.

Kejadian pencurian di musala itu baru pertama kali terjadi. Pada 2018 lalu, ada sebuah kendaraan roda empat yang hilang di sekitar tempat kejadian perkara. Setelah kejadian tersebut, warga memasang sejumlah CCTV.

“Selain itu, kami juga aktifkan kembali ronda malam,” ujar Khamim.

Dalam waktu dekat, warga akan melaporkan peristiwa tersebut ke Polisi. Khamim menjelaskan, warga akan berembug terlebih dahulu sebelum melaporkan ke Polisi. Di sisi lain, Khamim juga berharap polisi bisa menangkap pelaku dan dapat menekan tindak kriminal pencurian di tempat ibadah di Kota Batu. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved