Breaking News:

Gejolak di TPA Karangdiyeng Mojokerto, Ratusan Emak-emak Blokir Jalan dan Adang Truk Sampah

Gejolak di TPA Karangdiyeng Mojokerto, ratusan emak-emak memblokir jalan dan mengadang truk sampah tolak tempat pembuangan sampah.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/MOHAMMAD ROMADONI
Warga Dusun Jaringansari memasang spanduk berisi penolakan tempat pembuangan sampah TPA Karangdiyeng, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (23/1/2021). 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Ratusan warga melakukan aksi demonstrasi menolak beroperasinya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Aksi unjuk rasa yang didominasi emak-emak tersebut dilakukan dengan cara duduk bersila memblokir akses jalan, tepatnya di depan Balai Dusun Jaringansari, Desa Karangdiyeng, Sabtu (23/1/2021).

Warga juga mengadang truk sampah yang hendak menuju TPA Karangdiyeng sehingga sempat terjadi ketegangan antara masyarakat dengan sopir truk pengangkut sampah.

Mereka memasang spanduk berisi tuntutan masyarakat Dusun Jaringansari, yang menolak adanya tempat pembuangan sampah yang berada sangat dekat dengan permukiman penduduk, yakni sekitar 300 meter.

Warga Dusun Jaringansari menolak keberadaan TPA Karangdiyeng karena berdampak pencemaran lingkungan, mulai dari menimbulkan bau tidak sedap yang menyengat, banyak bermunculan lalat, dan potensi pencemaran air sumur.

Apalagi, warga merasa tertipu awal pembangunan tempat itu untuk kepentingan wisata, namun ternyata dimanfaatkan sebagai tempat pembuangan sampah yang dinilai mencemari lingkungan.

"Warga membiarkan karena awal bilangnya untuk tempat wisata dan taman bermain, namun ternyata digerojok sampah sehingga kita protes," ungkap emak-emak yang tak mau disebutkan namanya.

Baca juga: Bangunan Sekolah SDN Mojolebak di Kabupaten Mojokerto Ambruk, Simak Pengakuan Saksi

Dia mengatakan, tempat yang kini dimanfaatkan sebagai TPA Karangdiyeng sudah diresmikan satu bulan lalu, yakni pada Senin 7 Desember 2020.

Namun keesokan harinya warga kaget ketika melihat puluhan truk pengangkut sampah mulai beraktivitas di TPA Karangdiyeng pada Selasa (8/12/2020) pagi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved