Breaking News:

Stok Plasma Konvalesen di UTD PMI Lumajang Minim

Plasma konvalesen dipercaya bisa jadi terapi tambahan untuk mengobati pasien yang terpapar bergejala berat sampai kritis.

tony hermawan/Tribunjatim
Petugas UTD PMI Kabupaten Lumajang saat menunjukkan stok plasma konvalesen, Kamis (4/2/2021). 

Reporter : Tony Hermawan | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Plasma konvalesen dipercaya bisa jadi terapi tambahan untuk mengobati pasien yang terpapar bergejala berat sampai kritis.

Bahkan, pada pertengahan Januari 2021 lalu, Wakil Presiden Maaruf menunjukkan bahwa terapi plasma konvalesen efektif dan menjadi pilihan saat ini.

Namun masih tingginya kasus Covid-19 di Jawa Timur membuat stok plasma konvalesen langka. Termasuk di Kabupaten Lumajang persediaan stok plasma konvalesen minim.

Hal itu pun dibenarkan oleh Anis Munfaridah Manager Kualitas UTD PMI Kabupaten Lumajang.

"Kondisinya belum stabil kami sampai sekarang belum bisa memenuhi permintaan dari seluruh rumah sakit," kata Anis, Kamis (4/2/2021).

Meski demikian, Anis mengaku bersyukur karena belakangan ini pihaknya mampu memenuhi beberapa kebutuhan pasien Covid-19.

"Alhamdulillah yang kemarin ada sekitar 57 waiting list sekarang ada 32 jadi ada penurunan inden," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Anis menjelaskan lebih merinci dari 32 pasien, 12 orang di antaranya adalah dari Lumajang. 20 orang lainnya adalah pasien dari luar daerah.

Digebuk Brighton, Liverpool Ulangi Sejarah Kelam 37 Tahun Silam, Berikut 3 Catatan Buruk The Reds

Hukum Rokok Menurut Gus Baha, Untuk Sampeyan Halal Mbah

Warga Jatim Kirim Bantuan Zakat Senilai Rp 300 Juta ke Korban Banjir Kalsel dan Sulbar

"Jadi memang kami tidak hanya memenuhi permintaan rumah sakit rujukan yang ada di Lumajang. Tapi juga dari Malang, Probolinggo, Jember. Bahkan waktu stok kami masih aman kami pernah kirim sampai ke Palembang, DKI Jakarta, Semarang, dan Bali," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved