Breaking News:

Update Kejadian Tanah Longsor di Pujon dan Ngantang, Jalan Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Jalur Malang menuju Kediri via Kecamatan Pujon sudah bisa dilalui kendaraan. BPBD Kabupaten Malang baru saja menyelesaikan pembersihan reruntuhan

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/ Erwin Wicaksono
Jalur Ngantang-Pujon sudah bisa dilewati kendaraan 

Reporter: Erwin Wicaksono | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jalur Malang menuju Kediri via Kecamatan Pujon sudah bisa dilalui kendaraan. BPBD Kabupaten Malang baru saja menyelesaikan pembersihan reruntuhan tanah longsor tepatnya di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon pada Jumat (5/2/2021) siang.

"Pembersihan jalan di Ngantang maupun di Pujon sudah selesai sekitar jam 12 tadi. Sekarang sudah bisa dilewati oleh kendaraan," ujar Plt Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan ketika dikonfirmasi.

Pada awal pembersihan reruntuhan longsor, BPBD Kabupaten Malang sempat menemui kendala.

Polda Jatim Tindak Lanjuti Laporan Dokter Dewa Atas Kasus Ancaman Pembunuhan

"Kami mengalami kendala pada kekurangan alat berat awalnya. Namun, saat ini sudah ada 4 unit alat berat bersiaga di Sepanjang Pujon hingga Kasembon," terangnya.

Sadono menambahkan, sistem buka tutup di jalur Malang-Kediri yang melewati Dusun Kedungrejo sudah ditiadakan.

"Sudah lancar dua arah bisa dilewati," ungkapnya.

Meski sudah bisa dilewati, Sadono meminta para pengguna jalan agar memperhatikan keselamatan. Pasalnya kondisi jalanan masih licin akibat tanah bercampur air. Alhasil, Sadono menyarankan setiap pengendara melaju dengan kecepatan rendah.

"Himbauan bagi pengendara kendaraan lebih waspada. Karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor kembali. Lalu jalan menjadi licin karena masih ada bekas bekas lumpur longsoran dan itu licin," pesannya.

Sementara itu, potensi terjadinya tanah longsor di Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon masih bisa saja terjadi kapan saja. Terutama pada daerah-daerah yang berada di lereng-lereng perbukitan.

"Titik longsor di sepanjang jalur tersebut (Malang-Kediri)  ada 10 titik longsor," ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD Kabupaten Malang mendirikan pos pengawasan di berbagai titik rawan longsor di Pujon hingga Kasembon.

"Kami bersiaga dan berjaga di pos lapang laksanakan sampai bulan April 2021," tutur Sadono. (ew)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved