Breaking News:

Jalan di Magetan Kualitas Rendah, Pengguna Jalan Kebanyakan Dump Truk, 2 Bulan Dibangun Sudah Rusak

Jalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan yang menghubungkan Kecamatan Ngariboyo dan dua Kecamatan lain, juga jalan antar daerah, ke Kabupaten

TribunJatim.com/ Doni Prasetyo
Jalan di Magetan rusak karena dump truck 

Reporter: Doni Prasetyo | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Jalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan yang menghubungkan Kecamatan Ngariboyo dan dua Kecamatan lain, juga jalan antar daerah, ke Kabupaten Ponorogo, tepatnya di Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, kini rusak parah, kembali jadi jalan tanah. Padahal baru dua bulan dibangun.

Keterangan dari warga setempat, pembangunan jalan kabupaten yang melintas di wilayah Desa Banjarpanjang ini dipastikan tidak sesuai teknis pembangunan jalan.

"Masak aspal jalan digaruk pakai tangan saja mengelupas. Apa mungkin ini pembangunannya tidak sesuai metode pembangunan jalan aspal,"kata Latif warga Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan sebagai pengguna jalan kepada Surya, Sabtu (6/2/2021). 

Ia katakan, akibat jalan rusak parah ini, banyak pengguna jalan jatuh dan mwnderita luka ringan sampai berat. Bahkan kabarnya ada penggunajalan yang jatuh meninggal dunia karena luka lukanya sangat parah.

Polsek Tamberu Pamekasan Tangkap Pencuri Motor N-Max dan Beat, Pelaku Ngaku Ingin Curi Motor Lagi

"Saya setiap hari lalu lalang di jalan aspal ini, sedikitnya satu jalan pulang - pergi. Saya sering melihat orang jatuh terperosok lubang jalan, karena aspalnya terkelupas. Kalau korban terjatuh sampai meninggal, saya belum melihat sendiri, tapi kalau luka parah pernah lihat,"kata Latif.

Diungkapkan Latif, kalau siang naik. sepeda motor masih berani jalan dengan kecepatan 40 kilimeter/jam. Tapi kalau malam harus ekatra hati hati, kalau tidak ingin celaka.

"Jalan ini dibangun sekitar satu atau dua bulan lalu. Warga banyak yang melihat pelaksana mengerjakan jalan ini secara asal asalan. Kelihatannya tidak sesuai teknis. Kami harap pemerintah kabupaten harus segera memperbaiki, sebelum banyak jatuh korban di Jalan itu,"katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Didiek Budiman, ketika dikonfirmasi kerusakan jalan yang baru dibangun dua bulan sudah rusak kembali lagi jalan tanah itu.

"Jadwal perbaikan jalan kabupaten di Desa Banjarpanjang, Kacamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan itu, setelah pemeriksaan BPK RI,"kata Kabid BM DPU PR Kabupaten Magetan Didiek Budiman kepada Surya, Sabtu (6/2).

Menurut Didiek, jalan kabupaten yang rusak itu masih dalam perawatan dan garansi kontraktor sebagai pelaksana proyek itu, karena belum serah terima kepada pengguna anggaran.

"Itu masih tanggung jawab kontraktor, DPU sebagai pengguna anggaran tidak sebagai penangungjawab, karena belum ada serah terima, jalan kabupaten di wilayah Desa Banjarpanjang, Ngariboyo itu masih masa pemiliharaan,"kata Dodiek.(tyo).

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved