Breaking News:

Libur Tahun Baru Imlek Saat Pandemi, Tiket KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Sudah Terjual 90 Persen

Pada libur Tahun Baru Imlek 2021 di tengah pandemi Covid-19, tiket KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya sudah terjual 90 persen.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Tiket kereta api pada libur Tahun Baru Imlek 2021 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sudah terjual kurang lebih 90 persen, untuk perjalanan KA jarak jauh/menengah, Kamis (11/2/2021). 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tiket kereta api pada libur Tahun Baru Imlek 2021 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sudah terjual kurang lebih 90 persen, untuk perjalanan KA jarak jauh/menengah.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

“Melihat tiket KA sudah terjual 90 persen, KAI Daop 8 Surabaya siap melayani pelanggan dengan mengoperasikan beberapa perjalanan KA jarak menengah/jauh dan KA lokal. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Kamis (11/2/2021).

Luqman Arif menjelaskan, KA yang menjadi favorit masyarakat di wilayah Daop 8 Surabaya di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir/pp, KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi-Cirebon-Bandung/pp.

KA jarak menengah/jauh tersebut berangkat dari 3 stasiun pemberangkatan awal, yaitu dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang.

Kemudian KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen Jakarta, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Jakarta Kota/pp, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung/pp, KA Gajayana relasi Malang-Gambir/pp, KA Tawang Alun relasi Malang Kota Lama-Ketapang/pp dan berbagai KA lainnya.

Sempat Dikira Ular, Sesosok Mayat Perempuan Ditemukan Terkubur Separuh di Karangkates Malang

Dampak Berlakunya Gapeka 2021, Waktu Perjalanan Kereta di Wilayah KAI Daop 8 Surabaya Kian Singkat

Luqman mengatakan, di momen libur Imlek ini, masyarakat sudah dapat memesan tiket di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya.

Sementara terkait aturan protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona) bagi pelanggan yang hendak menggunakan kereta api jarak jauh pada momen libur Imlek ini, masih tetap sama seperti sebelumnya.

Yakni diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Akan tetapi, khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan seperti saat ini, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

35 Kata-kata Bijak Tahun Baru Imlek 2021 dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, Bagikan ke Keluarga

Ramalan Shio Jelang Tahun Baru Imlek 12 Februari 2021: Tikus hingga Macan, Intip Peruntunganmu!

Libur Imlek 2021, Petugas Akan Lakukan Penyekatan di Sidoarjo, Siapkan Alat Rapid Test Antigen

"Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19," jelasnya.

Kendati demikian, untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun, persyaratan surat keterangan negatif rapid test antigen atau RT-PCR tidak diwajibkan.

Luqman menambahkan, guna mencegah penyebaran Covid-19, setiap pelanggan KA diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, pasalnya KAI akan terus berkomitmen dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan," pungkas Luqman.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved