Breaking News:

Virus Corona di Malang

RS UMM Bakal Pakai Aplikasi 'Mentari Covid-19', Pemberi Peringatan Dini Jika Ada Lonjakan Kapasitas

RSU UMM akan mengoperasikan Mentari Covid-19. Aplikasi pemberi peringatan dini apabila rumah sakit sudah akan mengalami lonjakan pasien.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Hefty Suud
SURYA/HUMAS UMM
Aplikasi Mentari Covid-19 akan dioperasikan di RS UMM. 

Reporter: Sylvianita Widyawati | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM-MALANG - Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) meluncurkan Sistem Informasi Layanan Covid-19 berbasis IT pada Kamis (11/2/2021).

Sistem tersebut dinamai aplikasi Mentari Covid-19. RSU UMM akan mengoperasikan aplikasi itu.

Target Mentari Covid-19 untuk membantu pelayanan virus Corona ( Covid-19 ) di Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) di seluruh Indonesia.

Proyek itu dikerjakan sejak Juli 2020.

Pasalnya, kasus Covid-19 yang terus meningkat memberikan dampak pada keterisian dan ketersediaan tempat tidur di tiap rumah sakit. 

Hotel dan Apartemen Surabaya Wajib Lapor Data Tamu, Antisipasi Pasien Covid-19 Isolasi Diam-diam

Gerebek Rumah Transaksi Ganja di Jalan Letjen Sutoyo Kota Kediri, Polisi Tangkap 3 Pengedar

Dr Zata Dini dari RS UMM berharap program berbasis IT ini dapat membantu rumah sakit untuk memberikan peringatan dini apabila terjadi lonjakan kapasitas.

"Program ini dapat membantu rumah sakit untuk memberikan peringatan dini apabila rumah sakit sudah akan mengalami lonjakan. Hal tersebut juga merupakan salah satu tindakan medis yang lebih cepat,” papar Kepala Sub Bidang Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Medis RSU UMM pada Sabtu (13/2/2021).

Dijelaskan Dini, adanya Mentari Covid-19 dapat menjadi acuan RS UMM bisa melihat keadaan rumah sakit lain sehingga dapat dijadikan media komunikasi tidak langsung.

Satpol PP Kota Kediri Bubarkan Acara Game Online di Bengkel Cafe

Arti Mimpi Bertemu Teman Lama, Pertanda Baik dari Dipertemukan dengan Jodoh hingga Memperoleh Rezeki

”Harapannya, melalui sistem RSU UMM  dapat melaksanakan sistem informasi yang lebih baik dan dapat memodifikasi sesuai kebutuhan RSU UMM,” ujar dokter umum ini. 

Aplikasi Mentari Covid-19 juga telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Covid-19 MCCC PP Muhammadiyah serta dapat dikembangkan sebagai Single ID pasien di rumah sakit.

Pengembangan sistem ini bertujuan agar dapat menghubungkan data layanan Covid-19 antar Rumah Sakit Muhammadiyah-Aisyiyah (RSMA) di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini angka kasus konfirmasi positif Covid-19 terus bergerak. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved