Breaking News:

Ngaji Gus Baha

Inilah 20 Kata-kata Mutiara (Quotes) Dari Gus Baha

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau sering disapa Gus Baha merupakan ulama ke-kinian yang dilahirkan pada 15 Maret 1970 di Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Penulis: Yoni Iskandar | Editor: Yoni Iskandar
yoni Iskandar/Tribunjatim
Gus Baha bersama para muhibbin (pecintanya) serta para santri 

Penulis : Yoni Iskandar | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau sering disapa Gus Baha merupakan ulama ke-kinian yang dilahirkan pada 15 Maret 1970 di Sarang, Rembang, Jawa Tengah .

Gus Baha dalah putra dari KH Nursalim Alhafidz, saat ini Gus Baha menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA di Kragan, Narukan, Rembang. Gus Baha punya kalimat khas dan mudah dipahami orang awam.

Kiai satu ini sering kali menggoncang cara berpikir mainstrem masyarakat dalam memahami agama. Setiap kali membahas persoalan agama, utamanya hukum-hukum dalam peribadatan dan muamalat, tidak hanya menyodorkan barang jadi tapi juga proses dan logika terjadinya sebuah hukum

Untuk pendidikan formal, Gus Baha memang tidak pernah mengenyam pendidikan di kampus, melainkan produk santri murni. Gus baha adalah santri kinasih KH Maimoen Zubair di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang.

Ibarat pertanian, Gus Baha’ mengajarkan jama’ah untuk memahami bagaimana cara menanam padi hingga memasakknya menjadi nasi yang siap santap.

Meski hanya lulusan pesantren, secara keilmuan beliau tidak kalah dengan sarjana atau profesor bidang ilmu keislaman. Gus Baha menguasai berbagai bidang ilmu, mulai dari Fikih, Ushul Fikih, Tasawuf, Tauhid, Ilmu Qur’an, Hadis, Tafsir, hingga Sejarah Islam dan Gus Baha juga Tahfidz Al Quran atau penghafal Al Quran 30 Juz.

Tidak heran, jika da;lam setiap pengajiannya Gus Baha sering mengeluarkan kata-kata mutiara atau kata-kata bijak (quotes) yang bisa diabadikan melalui meme atau poster.

Isi dari Quotes dari Gus Baha berbagai macam, dari tentang istri, motivasi hidup, keluarga, rezeki, jodoh, pendidikan, cinta, dan soal kiamat atau dalam hal beribadah dan sedekah.

Baca juga: Kesan Sombong Pada Gus Baha, Ternyata Tujuannya ini

Baca juga: Gus Baha Bercita-cita Setiap Masjid Ada Warkop, Ini Alasannya

Baca juga: BERITA TERPOPULER JATIM: Gus Dur Ngaji Ditinggal Naik Selinder hingga Ibu di Magetan Dianiaya Anak

Bahkan orang bodoh sekalipun tetap dibela Gus Baha dan bisa juga masuk surga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved