Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Apakah Tetap Bisa Terinfeksi Covid-19 Meski Telah Vaksin? Begini Penjelasannya

Apakah tetap bisa terinfeksi Covid-19 meski telah menjalani vaksin? Begini penjelasan lengkapnya!

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Ilustrasi vaksin Covid-19. 

TRIBUNJATIM.COM - Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini.

Jumlah kasus positif yang terus meningkat membuat Indonesia masih berada di dalam situasi darurat.

Per 10 Februari 2021, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat menjadi 1.183.555 kasus dengan jumlah kasus kematian sebanyak 32.167 kasus. Tentu angka ini bukanlah angka yang kecil dan tidak dapat diremehkan.

Namun saat ini, vaksin Covid-19 telah berhasil ditemukan dan sedang dalam proses pendistribusian ke seluruh wilayah Indonesia. Bahkan baru-baru ini proses vaksinasi telah berlangsung sesuai dengan periode kategori yang telah diprioritaskan.

Tetapi banyak sekali kabar yang beredar bahwa seseorang yang sudah melakukan vaksinasi, ternyata masih dapat terinfeksi Covid-19.

Apakah itu benar? Bagaimana penjelasannya?

Yuk simak informasi lengkapnya lewat ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Apa Itu Vaksin?

Vaksin suatu penyakit mengandung patogen penyebab penyakit itu sendiri. Namun pada vaksin, patogen telah dimatikan atau dilemahkan, sehingga vaksin tidak berbahaya bagi tubuh.

Justru vaksin dapat menstimulasi tubuh untuk membentuk antibodi suatu penyakit yang dapat melindungi Anda jika penyakit tersebut menginfeksi Anda di masa mendatang. Misalnya, vaksin difteri yang diberikan kepada seseorang yang belum melakukan vaksinasi dapat menstimulasi tubuh untuk membentuk antibodi untuk menyerang Corynebacterium (bakteri penyebab difteri). Sehingga jika suatu saat bakteri tersebut menginfeksi Anda, tubuh telah memiliki antibodi khusus yang dapat melawan bakteri Corynebacterium.

Halaman
1234
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved