Breaking News:

Gubernur Khofifah Lepas 3 Ekor Ikan Paus, Perintahkan Mengubur Paus yang Mati

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bergegas menuju pesisir Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan

Ahmad Faisol/Surya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Bangkalan RK Abdul Latif Amin Imron dan unsur Forkopimda Bangkalan mengunjungi lokasi puluhan ikan paus terdampar di pesisir Desa Pangpajung Kecamatan Modung, Jumat (19/2/2021) 

Reporter : Ahmad fasiol | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bergegas menuju pesisir Desa Pangpajung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan begitu mendengar puluhan ekor paus terdampar di perairan paling ujung di Kabupaten Bangkalan itu, Jumat (19/2/2021).

Setiba di lokasi, riuh dari suara warga yang memadati pesisir terdengar memanggil nama Khofifah. Didampingi Bupati Bangkalan RK Abdul Altif Amin Imron, Khofifah membalas dengan lambaian tangan sambil berjalan menuju tiga ekor ikan paus yang masih hidup.

“Saya sedang meminta dikirim excavator ke sini. Pastikan proses penguburannya juga harus menunggu air surut. Proses dan lokasi penguburan telah dikoordinasikan dengan aparat setempat.,’ perintah orang nomor satu di Jawa Timur itu.

Khofifah mengungkapkan, telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangkalan agar menerjunkan alat berat berupa excavator untuk mempersiapkan penguburan paus yang mati.

Baca juga: Masih Ingat Chacha Frederica? Kini Jualan Bubur Rp15 Ribu & Pindah Kendal, Dulu Kerap Jadi Antagonis

Baca juga: Pembunuhan Wanita Terapis Pijat di Mojokerto Sering Dihantui Korban Menangis di Atas Pohon

Baca juga: Dihargai 1,7 Milliar, New BMW X5, 7 Seater Resmi Meluncur di Jatim Hari Ini

“Sebelum dikuburkan, beberapa ikan paus yang mati akan melewati proses penelitian, bahan exercise oleh Tim Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga,” katanya kepada TribunJatim.com.

Jumlah ikan paus terdampar diterima Khofifah sekitar 45 ekor. Paus-paus tersebut dilaporkan terdampar pada Kamis, (18/2/2021). Seperti yang disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Kecamatan Modung, KH Muchlis Muhsin.

“Melalui rekaman video, kami langsung melapor kepada Ibu Gubernur lewat. Diperkirakan ada sekitar 45 ekor lebih. Namun ada yang masih hidup, 3 ekor paus. Ibu Gubernur langsung ikut mengevakuasi dan melepaskan ikan paus yang hidup ke laut lepas,” ungkap Kiai Muhlis kepada TribunJatim.com.

Upaya masyarakat mendorong puluhan ikan paus itu mendapat apresiasi dari Khofifah. Sebanyak 200 paket sembako diberikan Khofifah kepada warga Kecamatan Modung karena turut membantu proses evakuasi paus terdampar sejak kemarin petang.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved