Breaking News:

Kader Banteng Tuban Tanam Pohon di Bantaran Bengawan Solo, Sebut Sungai Jalan Peradaban

Kader banteng Tuban gelar aksi tanam pohon di bantaran Bengawan Solo, sebut sungai sebagai jalan peradaban.

TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban bersama PAC dan ranting melakukan tanam pohon di Sungai Bengawan Solo, turut Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Tuban, Minggu (21/2/2021). 

Reporter: Mochamad Sudarsono | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Aksi pelestarian lingkungan ditunjukkan DPC PDI Perjuangan Tuban

Para kader tingkat DPC, PAC Plumpang, hingga tingkat ranting melakukan penanaman 1.500 pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Minggu (21/2/2021).

Bersamaan dengan giat tersebut, fraksi PDI Perjuangan DPRD Tuban juga melaksanakan kegiatan yang sama di Depok Jawa Barat, dalam rangkaian Bimtek.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban, Andhi Hartanto mengatakan, aksi tanam pohon ini adalah gerakan penghijauan bertemakan sungai jalan peradaban, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) partai ke-48.

Dia mengatakan, Bengawan Solo wajib dilestarikan karena menjadi jantung pertanian masyarakat sekitar, juga bermanfaat bagi kesejahteraan.

Baca juga: Belasan Mobil Warga Kampung Miliarder Tuban Rusak Akibat Kecelakaan, Pemilik Belum Mahir Nyetir

Baca juga: Trailer Tabrak Dua Becak dan Hantam Rumah Terapi Mata Tuban Hingga Rusak Berat, Sopir Diduga Ngantuk

Selain itu, Bengawan Solo memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam membangun peradaban manusia.

"Ini menjadi semangat bagi kader banteng untuk mencintai lingkungan, menanam di HUT PDI Perjuangan ke-48," ujar Andhi Hartanto yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Tuban kepada wartawan. 

Sementara itu, Wakabid Organisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Kusmen menambahkan, interaksi antara manusia dan alam harus semakin diperbaiki, sehingga proses pembangunan selaras dengan keseimbangan alam.

Di saat puncak musim penghujan tahun ini curah hujan tinggi, sehingga kenaikan air juga menjadi bencana bagi masyarakat yang menjadi petani. 

Baca juga: Warga Kampung Miliarder Tuban Sudah Borong Ratusan Mobil, Dealer Sebut Masih Banyak Pesanan

Baca juga: Kebijakan Baru, Vaksinasi Covid-19 Lansia di Jawa Timur Didahulukan untuk Kota Surabaya

Oleh karena itu, dengan gerakan politik penghijauan, maka menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan daya serap air dan dapat mencegah banjir.

"Ini sudah penanaman yang kedua, kemarin di Sungai Kali Kening Parengan, sekarang di Bengawan Solo Kecamatan Plumpang. Ada jambu, mangga, laban dan jenis lain yang ditanam," pungkasnya.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved