Breaking News:

Berita Madiun

Bangkitkan Usaha Anyaman Bambu, Inilah yang Dilakukan Karta Persada Dagangan Madiun

Cara luar biasa ini dilakukan Karang Taruna (Karta) Persada Dagangan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun untuk membangkitkan UMKM.

TribunJatim/istimewa
Karang Taruna Persada Dagangan tengah membuat plang papan nama untuk para perajin anyaman bamboo di Dusun Dagangan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Upaya untuk membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus digalakkan Karang TarunaKarta Persada Dagangan dari Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Karta yang tergabung dalam Heppiii Community ini membuatkan papan nama bagi para perajin anyaman bambu di Dusun Dagangan.

Cara ini dilakukan untuk memudahkan calon pembeli yang ingin bertransaksi langsung dengan para perajin.

Ketua Karta Persada Dagangan Nofan Puji Handaru mengatakan,  Dusun Dagangan dulu dikenal sebagai sentra kerajinan anyaman bambu.

Hampir semua warga memproduksi kerajinan anyaman bambu seperti besek, kukusan, tumbu, tampah, dan lain sebagainya.

Tetapi hasil dari kerajinan warga ini mulai tergerus oleh produk-produk plastik sehingga peminatnya terus menurun.

Kini hanya tersisa delapan pengrajin anyaman bambu di dusun ini.

“Oleh karena itu, kami dari Karta Persada Dagangan yang tergabung dalam Heppiii Community berusaha untuk membangkitkan kembali UMKM ini. Kami berharap, kerajinan anyaman bambu di Dusun Dagangan ini kembali ramai pembeli,” kata Nofan, Minggu (8/3/2021).

Baca juga: Karta Kauman Sukses Gelar Pasar Heppiii dan Berikan Donasi ke Janda Lansia

Baca juga: Karang Taruna Tompokersan Bangun Kafe Literasi Heppiii, Warga Mulai Rajin Datang ke Perpustakaan

Langkah yang dilakukan Karta Persada Dagangan untuk membantu para perajin anyaman bambu ini adalah dengan membuatkan plang papan nama masing-masing pengrajin dan gapura yang bertuliskan 'Selamat Datang di Sentra Kerajinan Anyaman Bambu'.

”Plang papan nama dan gapura ini mereka buat sendiri dengan bahan dasar besi dan alumunium serta banner yang dicetak digital," bebernya.

Halaman
12
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved