Breaking News:

Bupati Gresik Siapkan Penanganan Jangka Panjang dan Jangka Pendek Banjir Kali Lamong

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang akrab disapa Gus Yani sejak sore sampai malam kemarin, Senin (15/3/2021) menemui korban banjir

TribunJatim.com/ Willy Abraham
Bupati Gresik saat temui korban banjir 

Reporter: Willy Abraham | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang akrab disapa Gus Yani sejak sore sampai malam kemarin, Senin (15/3/2021) menemui korban banjir. Ada dua penanganan dalam mengatasi banjir Kali Lamong yang terjadi setiap tahun.

Gus Yani mengaku prihatin dengan keadaan banjir yang datang rutin tiap tahun. Dia sudah menyiapkan langkah, baik langkah penanganan jangka pendek maupun jangka panjang.

“Untuk jangka panjang kami telah menyiapkan pembebasan jangka panjang. Tahun ini kita awali progres pebebasan lahan. Anggarannya telah digedog oleh DPRD sebesar lima puluh miliar. Penentuan lokasinya sudah disiapkan, dimana apabila sudah ada yang siap akan segera dibebaskan," ucapnya, Selasa (16/3/2021).

Sedangkan, program jangka pendek, Bupati menunggu Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Pemerintah Daerah dengan Balai Besar Wilayah Sungai  (BBWS) Bengawan Solo. Dalam Mou ini ada pemberian kewenangan untuk menormalisasi sedimentasi Kali Lamong.

“Kita butuh MoU ini agar kita tidak disalahkan di kemudian hari. Setelah ada MoU kita tandatangani, kami akan mengerahkan alat berat untuk segera menormalisasi Kali Lamong," terangnya.

Selain melakukan kunjungan pada titik lokasi banjir di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng  dan Cerme Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak.

Baca juga: Bupati Gresik Temui Korban Banjir hingga Malam, Kali Lamong Segera Dinormalisasi Bulan Depan

Kemudian melakukan kunjungan kebeberapa wilayah terdampak banjir di Gresik Selatan, mulai Senin (15/3/2021) sore sampai malam.

Didampingi kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik, Tarso Sagito. Setidaknya ada tiga lokasi terdampak banjir yang telah dikunjungi Bupati yaitu Dusun Sambiroto Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang, Desa Karangan Kidul Kecamatan Benjeng dan Desa Guranganyar Kecamatan Cerme.

Camat Balonganggang Yusuf Ansori mengatakan bahwa banjir saat ini cukup merata, biasanya banjir terjadi di wilayah Balongpanggang bagian selatan saja.

"Kali ini banjir juga melanda wilayah Balongpanggang bagian utara mulai dari Desa Klotok, Wahas, Kedungdung dan Desa Balongpanggang," kata dia.

Camat Benjeng Suryo Wibowo merasa senang dengan progres kebijakan yang disampaikan Bupati terkait Kali Lamong. Dia berharap kedepan Pemkab Gresik sukses dalam penangganan banjir tersebut. Sehingga warga masyarakat Kec. Benjeng tidak mengalami dampak banjir lagi akibat luapan kali lamong. (wil)

Penulis: Willy Abraham
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved