Breaking News:

Peduli Lingkungan, Karang Taruna di Madiun Gunakan Besek di Pasar Heppiii

Untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, Karang Taruna di Madiun menggunakan besek di Pasar Heppiii.

TribunJatim.com/istimewa
Karta Dasa Mulya Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun menggunakan besek yang ramah lingkungan sebagai wadah paket sembako dalam kegiatan Pasar Heppiii, Minggu (21/3/2021). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Ada yang berbeda dalam kegiatan Pasar Heppiii yang digelar Karang Taruna Dasa Mulya Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Minggu (21/3/2021).

Karta yang tergabung dalam Heppiii Community Madiun dan merupakan bagian dari Kolaborasi KITA ini menggunakan besek dengan variasi pita batik sebagai wadah untuk paket sembako yang dibagikan kepada warga.

Ketua Karta Dasa Mulya Desa Candi Mulyo Muhammad Ali Akbar menjelaskan dalam kegiatan Pasar Heppiii ini, pihaknya memang ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut.

“Kami merasa perlu menggunakan besek sebagai wadah paket karena besek ini ramah lingkungan. Dengan demikian, sampah plastik bisa dikurangi,” jelas Ali.

Baca juga: Sukses Gelar Pasar Heppiii, Karta Tunas Muda Jiwan Kabupaten Madiun Bantu Bangun Musala

Baca juga: Karang Taruna Tompokersan Bangun Kafe Literasi Heppiii, Warga Mulai Rajin Datang ke Perpustakaan

Ali menambahkan, besek-besek tersebut dipesan dari para perajin anyaman bambu di Desa Dagangan melalui Karta Persada Dagangan seharga Rp1.000 perbuah.

Sementara itu, pita yang menjadi pemanis pada besek merupakan hasil karya seorang perajin batik tulis di Desa Candimulyo.

“Dengan demikian, secara tidak langsung Karta Dasa Mulya ikut membantu membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Dagangan.

Selain itu, melalui pita yang menjadi variasi pada besek, kami juga ikut andil mengenalkan batik tulis khas Desa Candimulyo,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, Karta Dasa Mulya yang tergabung dalam Heppiii Community Madiun dan merupakan bagian dari Kolaborasi KITA berhasil menjual 1.500 paket.

Halaman
12
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved