Breaking News:

Berita Probolinggo

Tim Tagana Karang Taruna Probolinggo Bersihkan Lumpur Setinggi 1,5 Meter di Lokasi Banjir Dringu

Sebanyak 11 Karang Taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo aktif membantu penanganan korban bencana di Kecamatan Dringu.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Gabungan Karang Taruna / Karta Heppiii Community Probolinggo saat turun ke lokasi bencana banjir untuk membersihkan lumpur. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Sebanyak 11 Karang Taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo aktif membantu penanganan korban bencana di Kecamatan Dringu. Daerah ini dalam beberapa hari terakhir dihajar banjir besar.

Belasan karta ini menghimpun diri dalam Tim Tanggap Bencana (Tagana) Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur (KITA) Probolinggo.

Koordinator tim Tagana KITA Probolinggo, Dwi Haryantoro mengatakan pihaknya sudah membentuk tim tagana yang anggotanya diambilkan dari perwakilan karta.

Tim Tagana ini akan menjadi tim reaksi cepat jika terjadi bencana di wilayah Probolinggo.

Tujuan dibentuknya tim Tagana KITA, untuk membantu tenaga maupun donasi jika ada bencana. Tim ini juga akan membackup tim yang sebelumnya sudah ada, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) milik pemkab dan pemkot setempat.

"Kami juga akan berkolaborasi dengan komunitas KITA jika misalnya ada bencana besar di wilayah luar Probolinggo," katanya pada Senin (29/3/2021).

Baca juga: Karang Taruna di Probolinggo Galang Donasi dan Kirim Puluhan Relawan ke Lokasi Banjir

Baca juga: Hanya Bermodal Kreativitas, Karang Taruna di Probolinggo Ini Aktif Membangun Desa

Tim Tagana KITA Probolinggo ini sudah mulai bekerja saat ada bencana banjir di Kecamatan Dringu dan wilayah sekitarnya di Probolinggo beberapa hari lalu.

Karta Heppiii Community yang tergabung dalam Tagana Kita Probolinggo ini terdiri dari 11 karta, yakni Karta Couple Laweyan, Patriot Brumbungan Lor, Boto, Karta Sapikerep, Sukapura, TKP4, Kalibuntu, Singowongso, Andeng, Arban dan Papeda.

Imam Hanafi dari Karta Laweyan mengatakan setiap karta mengirimkan perwakilan lima sampai 10 orang untuk bergabung dengan tim Tagana KITA Probolinggo menuju wilayah Dringu.

"Seminggu lalu kami sudah ke Dringu dengan membantu memberikan keperluan warga terdampak banjir seperti sendal, sembako, kemudian keperluan warga seperti alat untuk mengepel, pakaian layak pakai untuk diberikan ke warga," ungkap Imam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved